UPAYA PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN SUMBERDAYA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH YA BAKII KALISABUK 02 KESUGIHAN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Ismail Supriyanto, 1123303070 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2024/1/COVER%20%20DAFTAR%20ISI%20BAB%20I%20%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2024/2/ISMAIL%20SUPRIYANTO%20COVER%20BAB%20I%20-%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA.PDF http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2024/ |
Daftar Isi:
- Dewasa ini dalam suatu institusi khususnya dalam lembaga pendidikan peran seorang kepala sekolah sangatlah diperlukan, mengapa demikian karena seorang kepala sekolah adalah sosok yang berpengaruh dalam meningkatkan kualitas dan mutu lembaga sekolah biar bagaimanapun seorang kepala sekolah dalam mengatur, memenej, dan mengendalikan lembaga yang dikelolanya itu sangat berpengaruh dalam peningkatan mutu lembaga. Karenapadahakikatnyasemakinbesarnyakomitmenpegawaiterhadaporganisasiakanmemberikandampakterhadapadanyapengurangantingkat turn over absensi. Dengandemikianjugaberartimeningkatkanproduktivitasorganisasi.Dengandemikianbanyaknyaketerampilan yang dimilikipegawai, makaakanlebihfleksibeldanmudahuntukmenyesuaikandiridengankemungkinanadanyaperubahan yang terjadi di lingkungan di organisasi. Misalnya bila oganisasi memerlukan pegawai dengan kualifikasi tertentu, maka organisasi tidak perlu lagi menambah pegawai yang baru, oleh karna pegawai yang dimiliki sudah cukup memenuhi syarat untuk pekerjaan syarat tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin menegetahui bagaimana upaya pimpinan dalam meningkatkan sumberdaya manusia di Madrasah Ibtidaiyah YA BAKII Kalisabuk 02 Kesugihan Cilacap, dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru Madrasah Ibtidaiyah YABAKII Kalisabuk 02 Kesugihan Cilacap, dengan metode penelitiannya melalui metode observasi, wawancara dengan subjek yang ditentukan, dan dokumentasi terhadap data-data atau pelaksanaan kegiatan upaya peningkatan sumberdaya di Madrasah Ibtidaiyah YA BAKII Kalisabuk 02 Kesugihan. Untukanalisi data penelitianpenulismenggunakantekhnikreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasildaripenelitianinimenunjukanbahwaupayapimpinan Madrasah Ibtidaiyah YABAKII Kalisabuk 02 Kesugihansudahberjalandengansesuaidengankebutuhandansumberdaya yang dimilikinya, artinya proses upaya yang diselenggarakanolehkepalasekolahdalammeningkatkansumberdayapendidikdantenagakependidikan di Madrasah Ibtidaiyah YABAKII Kalisabuk 02 Kesugihansudahberjalandenganbaik, halinisudahdibuktikandenganadanyapelatihandanpengembangansumberdayapendidikdantenagakependidikandalammeningkatkankualitasparatenagapendidik di Madrasah Ibtidaiyah YA BAKII Kalisabuk 02 Kesugihan. Kata Kunci: upaya kepala sekolah, sumberdaya pendidik dan tenaga kependidikan, Madrasah Ibtidaiyah YA BAKII Kalisabuk 02 Kesugihan