KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs MA’ARIF NU AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT Bms TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Main Author: | Umi Mar’atus Solihah, 102331013 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/1/UMI%20MAR%27ATUS%20SOLIHAH_KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20RUMPUN%20PAI%20DI%20MTs%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%20AL-HIDAYAH%20PURWOKERTO%20BARAT%20Bms%20TAHUN%20PELAJARAN%202013-2014.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/2/COVER%2C%20BAB%20I%20%2CBAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/ |
ctrlnum |
2020 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/</relation><title>KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs MA’ARIF NU AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT Bms TAHUN PELAJARAN 2013-2014</title><creator>Umi Mar’atus Solihah, 102331013</creator><subject>2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pelajaran Pendidikan Agama
Islam yang meliputi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Aqidah Akhlak, Fiqh dan Al-
Quran Hadits, sebagai bekal bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari, terutama
kehidupan akhirat kelak dan pembentukan akhlak generasi muda. Mengingat pada
zaman sekarang ini, negara kita telah mengalami krisis akhlak. Untuk mencapai
tujuan tersebut, maka perlu diimbangi dengan adanya tenaga pendidik yang
berkompeten. Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang pendidik
adalah kompetensi profesional, yaitu kemampuan guru dalam menguasai materi
secara luas dan mendalam. Guru rumpun PAI yang berasal dari lulusan PTAI serta
telah bersertifikasi semua, bahkan beberapa telah S2 menjadi perhatian peneliti untuk
meneliti tentang kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru-guru tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi
profesional guru rumpun PAI di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat
Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil
latar di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.
Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru rumpun PAI dan sumber data
sekundernya adalah kepala madrasah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan
tiga metode yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dalam bentuk tabel dan uraian, serta
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional yang dimiliki
oleh guru rumpun PAI di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah sudah baik. Dari ketiga guru
rumpun PAI telah memenuhi 17 dari 20 indikator kompetensi profesional menurut
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007. Sub kompetensi yang
pertama terdapat tujuh indikator dan telah dikuasai semua oleh guru rumpun PAI.
Sub kompetensi yang kedua terdapat tiga indikator kompetensi dan semuanya telah
dikuasai oleh guru rumpun PAI. Sub kompetensi yang ketiga terdapat tiga indikator
kompetensi dan seluruh guru rumpun PAI telah memenuhi. Sub kompetensi yang
keempat terdapat lima indikator kompetensi. Dari lima kompetensi baru dua indikator
yang telah dikuasai oleh guru rumpun PAI. Sub kompetensi yang kelima terdapat dua
indikator dan telah dikuasai semua oleh guru rumpun PAI.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/1/UMI%20MAR%27ATUS%20SOLIHAH_KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20RUMPUN%20PAI%20DI%20MTs%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%20AL-HIDAYAH%20PURWOKERTO%20BARAT%20Bms%20TAHUN%20PELAJARAN%202013-2014.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/2/COVER%2C%20BAB%20I%20%2CBAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Umi Mar’atus Solihah, 102331013 (2014) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs MA’ARIF NU AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT Bms TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>2020</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Umi Mar’atus Solihah, 102331013 |
title |
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs MA’ARIF NU AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT Bms TAHUN PELAJARAN 2013-2014 |
publishDate |
2014 |
isbn |
9782020132015 |
topic |
2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/1/UMI%20MAR%27ATUS%20SOLIHAH_KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20RUMPUN%20PAI%20DI%20MTs%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%20AL-HIDAYAH%20PURWOKERTO%20BARAT%20Bms%20TAHUN%20PELAJARAN%202013-2014.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/2/COVER%2C%20BAB%20I%20%2CBAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/ |
contents |
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pelajaran Pendidikan Agama
Islam yang meliputi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Aqidah Akhlak, Fiqh dan Al-
Quran Hadits, sebagai bekal bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari, terutama
kehidupan akhirat kelak dan pembentukan akhlak generasi muda. Mengingat pada
zaman sekarang ini, negara kita telah mengalami krisis akhlak. Untuk mencapai
tujuan tersebut, maka perlu diimbangi dengan adanya tenaga pendidik yang
berkompeten. Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang pendidik
adalah kompetensi profesional, yaitu kemampuan guru dalam menguasai materi
secara luas dan mendalam. Guru rumpun PAI yang berasal dari lulusan PTAI serta
telah bersertifikasi semua, bahkan beberapa telah S2 menjadi perhatian peneliti untuk
meneliti tentang kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru-guru tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi
profesional guru rumpun PAI di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat
Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil
latar di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.
Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru rumpun PAI dan sumber data
sekundernya adalah kepala madrasah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan
tiga metode yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dalam bentuk tabel dan uraian, serta
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional yang dimiliki
oleh guru rumpun PAI di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah sudah baik. Dari ketiga guru
rumpun PAI telah memenuhi 17 dari 20 indikator kompetensi profesional menurut
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007. Sub kompetensi yang
pertama terdapat tujuh indikator dan telah dikuasai semua oleh guru rumpun PAI.
Sub kompetensi yang kedua terdapat tiga indikator kompetensi dan semuanya telah
dikuasai oleh guru rumpun PAI. Sub kompetensi yang ketiga terdapat tiga indikator
kompetensi dan seluruh guru rumpun PAI telah memenuhi. Sub kompetensi yang
keempat terdapat lima indikator kompetensi. Dari lima kompetensi baru dua indikator
yang telah dikuasai oleh guru rumpun PAI. Sub kompetensi yang kelima terdapat dua
indikator dan telah dikuasai semua oleh guru rumpun PAI. |
id |
IOS3655.2020 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2017-04-17T01:41:25Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:48:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141788079489024 |
score |
17.538404 |