ctrlnum 2020
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/</relation><title>KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs MA&#x2019;ARIF NU AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT Bms TAHUN PELAJARAN 2013-2014</title><creator>Umi Mar&#x2019;atus Solihah, 102331013</creator><subject>2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pelajaran Pendidikan Agama&#xD; Islam yang meliputi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Aqidah Akhlak, Fiqh dan Al-&#xD; Quran Hadits, sebagai bekal bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari, terutama&#xD; kehidupan akhirat kelak dan pembentukan akhlak generasi muda. Mengingat pada&#xD; zaman sekarang ini, negara kita telah mengalami krisis akhlak. Untuk mencapai&#xD; tujuan tersebut, maka perlu diimbangi dengan adanya tenaga pendidik yang&#xD; berkompeten. Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang pendidik&#xD; adalah kompetensi profesional, yaitu kemampuan guru dalam menguasai materi&#xD; secara luas dan mendalam. Guru rumpun PAI yang berasal dari lulusan PTAI serta&#xD; telah bersertifikasi semua, bahkan beberapa telah S2 menjadi perhatian peneliti untuk&#xD; meneliti tentang kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru-guru tersebut.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi&#xD; profesional guru rumpun PAI di MTs Ma&#x2019;arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat&#xD; Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil&#xD; latar di MTs Ma&#x2019;arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.&#xD; Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru rumpun PAI dan sumber data&#xD; sekundernya adalah kepala madrasah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan&#xD; tiga metode yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan&#xD; dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dalam bentuk tabel dan uraian, serta&#xD; menarik kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional yang dimiliki&#xD; oleh guru rumpun PAI di MTs Ma&#x2019;arif NU Al-Hidayah sudah baik. Dari ketiga guru&#xD; rumpun PAI telah memenuhi 17 dari 20 indikator kompetensi profesional menurut&#xD; Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007. Sub kompetensi yang&#xD; pertama terdapat tujuh indikator dan telah dikuasai semua oleh guru rumpun PAI.&#xD; Sub kompetensi yang kedua terdapat tiga indikator kompetensi dan semuanya telah&#xD; dikuasai oleh guru rumpun PAI. Sub kompetensi yang ketiga terdapat tiga indikator&#xD; kompetensi dan seluruh guru rumpun PAI telah memenuhi. Sub kompetensi yang&#xD; keempat terdapat lima indikator kompetensi. Dari lima kompetensi baru dua indikator&#xD; yang telah dikuasai oleh guru rumpun PAI. Sub kompetensi yang kelima terdapat dua&#xD; indikator dan telah dikuasai semua oleh guru rumpun PAI.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/1/UMI%20MAR%27ATUS%20SOLIHAH_KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20RUMPUN%20PAI%20DI%20MTs%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%20AL-HIDAYAH%20PURWOKERTO%20BARAT%20Bms%20TAHUN%20PELAJARAN%202013-2014.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/2/COVER%2C%20BAB%20I%20%2CBAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Umi Mar&#x2019;atus Solihah, 102331013 (2014) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs MA&#x2019;ARIF NU AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT Bms TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>2020</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Umi Mar’atus Solihah, 102331013
title KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PAI DI MTs MA’ARIF NU AL-HIDAYAH PURWOKERTO BARAT Bms TAHUN PELAJARAN 2013-2014
publishDate 2014
isbn 9782020132015
topic 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/1/UMI%20MAR%27ATUS%20SOLIHAH_KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20RUMPUN%20PAI%20DI%20MTs%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%20AL-HIDAYAH%20PURWOKERTO%20BARAT%20Bms%20TAHUN%20PELAJARAN%202013-2014.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/2/COVER%2C%20BAB%20I%20%2CBAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2020/
contents Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Aqidah Akhlak, Fiqh dan Al- Quran Hadits, sebagai bekal bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari, terutama kehidupan akhirat kelak dan pembentukan akhlak generasi muda. Mengingat pada zaman sekarang ini, negara kita telah mengalami krisis akhlak. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perlu diimbangi dengan adanya tenaga pendidik yang berkompeten. Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang pendidik adalah kompetensi profesional, yaitu kemampuan guru dalam menguasai materi secara luas dan mendalam. Guru rumpun PAI yang berasal dari lulusan PTAI serta telah bersertifikasi semua, bahkan beberapa telah S2 menjadi perhatian peneliti untuk meneliti tentang kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru-guru tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru rumpun PAI di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru rumpun PAI dan sumber data sekundernya adalah kepala madrasah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga metode yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dalam bentuk tabel dan uraian, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru rumpun PAI di MTs Ma’arif NU Al-Hidayah sudah baik. Dari ketiga guru rumpun PAI telah memenuhi 17 dari 20 indikator kompetensi profesional menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007. Sub kompetensi yang pertama terdapat tujuh indikator dan telah dikuasai semua oleh guru rumpun PAI. Sub kompetensi yang kedua terdapat tiga indikator kompetensi dan semuanya telah dikuasai oleh guru rumpun PAI. Sub kompetensi yang ketiga terdapat tiga indikator kompetensi dan seluruh guru rumpun PAI telah memenuhi. Sub kompetensi yang keempat terdapat lima indikator kompetensi. Dari lima kompetensi baru dua indikator yang telah dikuasai oleh guru rumpun PAI. Sub kompetensi yang kelima terdapat dua indikator dan telah dikuasai semua oleh guru rumpun PAI.
id IOS3655.2020
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2017-04-17T01:41:25Z
last_indexed 2020-01-16T04:48:40Z
recordtype dc
_version_ 1763141788079489024
score 17.538404