STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU KRANGEAN KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Hayatul Mufidah, 092336014
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2013/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2013/2/Hayatul%20Mufidah_STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20IPA%20DI%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2013/
Daftar Isi:
  • Selama 3 tahun berturut-turut MI Ma’arif NU Krangean selalu menempati rangking 1 tingkat Madrasah Ibtidaiyah pada setiap Ujian Nasional di Kecamatan Kertanegara. Dimana nilai mata pelajaran IPA menjadi nilai tertinggi. Kenyataan tersebut mendorong peneliti untuk mengetahui dengan mengamati secara teliti dan sistematis melalui penelitian, bagaimana strategi pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU Krangean. Tujuan dari penelitian yang penulis laksanakan adalah untuk mengetahui Strategi Pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU Krangean Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa Strategi pembelajaran yang diterapkan di MI Ma’arif NU Krangean menggunakan strategi pembelajaran heuristic atau strategi pembelajaran aktif, dimana pembelajaran berpusat kepada siswa. Siswa aktif dalam proses belajar mengajar, sedangkan guru berperan sebagai pendamping atau pembimbing. Strategi pembelajaran yang dilaksanakan diantaranya Group Resume, Jigsaw Learning, Giving Question And Getting Answer, Inquiry, Crossword Puzzle, Everyone Is A Teacher Here, demonstrasi, dan eksperimen. Namun pada materi tertentu yang membutuhkan pemahaman dan hafalan teori-teori, guru juga terkadang tetap menerapkan strategi pembelajaran ekspositori, dimana guru berperan dominan menjadi sumber belajar