PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KOMPETENSI DASAR KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL DI ASIA TENGGARA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL TEAM GROUP TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VI MI MUHAMMADIYAH KEDUNGJATI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Erlin Wuryani, 102336007
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1999/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1999/2/Erlin%20Wuryani_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPS.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1999/
Daftar Isi:
  • ”Upaya meningkatkan hasil belajar IPS materi kenampakan alam dan sosial di Asia Tenggara melalui Penerapan Pembelajaran model Team Group Tournament (TGT) pada siswa kelas VIMI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah pembelajaran kooperatif Learning model Team Group Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi kenampakan alam dan sosial di Asia Tenggara pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 18 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasilhasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasidengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif learning model team grouptournament (TGT) pada materi kenampakan alam dan sosial di Asia Tengga pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten PurbalinggaTahunPelajaran 2013/2014. Pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 58,59 %, yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 4,83 menjadi 7.66.Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan sebesar 553%, dari kondisi awal yang sudah tuntas hanya 3 siswa menjadi 15 siswa. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kedungjati mengalami peningkatan hasil belajar pada materi kenampakan alam dan sosial di Asia Tenggara. Kata Kunci :Pembelajaran , Kooperatif Learning, Team Gruop Tournament