Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembentukan kepribadian siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit . Untuk mengetahui bagaimana kegiatan dalam membentuk kepribadian siswa, peneliti dalam memperoleh data-data menggunakan teknik observasi, wawancara atau interview serta teknik dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa data yang diperoleh penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif dan deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, kepribadian yang diharapkan oleh Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit adalah beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, rajin membaca Al-Qur’an, mengamalkan kandungan Al-Qur’an, hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru, sopan santun, ramah, suka menolong serta terbiasa hidup bersih. Kemudian materi untuk mengembangkan kepribadian yang baik adalah dengan pembiasaan akhlak terpuji seperti salam, senyum dan sapa, berjabat tangan, pembiasaan hidup bersih. Selain pembiasaan akhlak terpuji, materi untuk mengembangkan kepribadian yang baik adalah dengan pembiasaan beribadah sholat berjamaah yaitu sholat dhuhur berjamaah dan sholat dhuha berjamaah. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk membantu membentuk kepribadian siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit adalah dengan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler BTA, serta melalui peringatan Hari Besar Agama Islam.