PEMBELAJARAN KITAB AKHLAQ LIL BANIN DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN ANWARUSH SHOLIHIN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Aan Syarifudin, 1223301001 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1987/1/Aan%20Syarifudin_PEMBELAJARAN%20KITAB%20AKHLAQ%20LIL%20BANIN%20DAN%20IMPLEMENTASI%20DALAM%20PEMBENTUKAN%20AKHLAK%20SANTRI%20DI%20PONDOK%20PESANTREN%20A~1.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1987/2/Aan%20Syarifudin_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1987/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan akhlak pada masa anak-anak atau usia dini sangat penting, karena pendidikan akhlak pada masa anak-anak akan mempengaruhi akhlak seseorang ketika ia sudah dewasa. Dalam proses pembentukan akhlak tidaklah cukup suatu pendidikan hanya mengandalkan dari pendidikan yang di selenggarakan di sekolah-sekolah saja, akan tetapi perlu dukungan dan kerja sama dengan lembaga pendidikan diluar sekolah, diantaranya melalui pendidikan Pondok Pesantren. Implementasi pembelajaran kitab akhlaq lil banin di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas merupakan salah satu cara dalam proses membentuk akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pembelajaran dan implementasi pembelajaran kitab Aklhlaq Lil Banin dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas”. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran kitab Aklhlaq Lil Banin dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. dalam menjelajahi onyek/situasi sosial yang diteliti. Dalam penelitian ini, subyek penelitianya adalah guru pengajar kitab akhlaq lil banin, pimpinan pengurus (lurah pondok), dan santri. Sedangkan obyek penelitian yang diteliti yaitu implementasi pembelajaran kitab akhlaq lil banin. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan implementasi pembelajaran kitab Aklhlaq Lil Banin dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Metode pembelajaran yang dilakukan Pondok Pesantren Anwarush Sholihin Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas dalam pembentukan akhlak santrinya adalah metode teladan, metode kisah-kisah, metode pembiasaan, metode ceramah, metode hukuman dan ganjaran. Sedangkan Implementasi pembelajaran kitab Aklhlaq Lil Banin dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Anwarush Sholihin Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas, meliputi: akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada Nabi Muhammad saw, akhlak terhadap sesama manusia, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap lingkungan