METODE PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI PADA ANAK-ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Umi Latifah, 102331004
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1963/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1963/2/Umi%20Latifah_METODE%20PEMBENTUKAN%20AKHLAK%20TERPUJI%20PADA%20ANAK-ANAK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1963/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan generasi muda, karena pemuda merupakan penerus bangsa yang diharapkan mampu membawa bangsa lebih maju. Dalam mencapai tujuan pendidikan yang salah satunya mewujudkan akhlak mulia itu tidaklah mudah. Karena pada zaman ini terjadi globalisasi, globalisasi adalah suatu perubahan sosial dalam bentuk semakin bertambahnya keterkaitan antara masyarakat dengan faktor-faktor yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan tekhnologi modern. Contohnya televisi terkadang menampilkan hal-hal negatif. Maka penulis merumuskan bagaimana metode-metode yang guru lakukan dalam membentuk akhlak terpuji pada anak-anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013-2014. Dasar mengenai akhlak adalah dari Q. S. Sad/38:46 yang artinya “ sungguh Kami telah menyucikan mereka dengan (menganugerahkan) akhlak yang tinggi kepadanya, yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negri akhirat. Ditinjau dari segi sasarannya atau kepada siapa dilaksanakan, kewajiban berakhlak terbagi menjadi tiga kategori kewajiban individual, sosial dan mahluk. Jika setiap manusia mampu mengerjakan tiga macam kewajiban tersebut dengan baik, niscaya ia akan memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Metode penelitian yang penulis lakukan dalam penelitian judul skripsi Metode Pembentukan Akhak Terpuji Pada Anak-anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013-2014 adalah penelitian lapangan dengan pendekatan yang bersifat deskriptif kualitatif serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam Metode Pembentukan akhlak terpuji pada anak-anak untuk mewujudkan akhlak terpuji dilakukan dengan berbagai cara yang dilakukan oleh guru kepada para siswanya agar memiliki akhlak terpuji yang sesuai dengan aturan islam. Dapat dengan menggunakan cara atau metode hiwar (percakapan), metode kisah, metode amtsal (perumpamaan), keteladanan, metode pembiasaan diri dan pengalaman, metode pengambilan pelajaran dan peringatan, serta metode targhib dan tarhib. Kata Kunci: Pembentukan, Akhlak Terpuji, Anak-anak