IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU LAMUK K KEJOBONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Daftar Isi:
- Untuk menciptakan semangat belajar siswa dan ketercapainnya tujuan pembelajaran, sangatlah penting seorang guru perlu setrategi yang tepat dan baik di dalam proses pembelajaran. Guru kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Lamuk telah menggunakan strategi pembelajaran yang berfariasi di dalam proses pembelajaran al-Quran Hadits. Di sini penulis tertarik pada strategi-strategi apa saja yang diterapkan dan bagaimana proses penerapanya dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggali informasi/data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Di dalam proses pembelajaran al-Quran Hadits, ada beberapa strategi yang guru terapkan seperti: guided note taking, index card match, card sort, team quiz, teks acak, reading guide, dan true or false. Adapun prosedur penerapan strategi guided note taking yaitu: guru membagikan handout, menyampaikan materi, mengisi handout, dan klarifikasi. Prosedur penerapan strategi index card match yaitu membagikan potongan mufradat, menjodohkan, mengoreksi bersama, dan klarifikasi. Prosedur penerapan strategi card sort yaitu: membagikan potongan ayat, menyortir, mengoreksi bersama, dan klarifikasi. Prosedur penerapan strategi team quiz yaitu: membagi kelompok, memnyampaikan topik, melakukan kuis, dan klarifikasi. Prosedur penerapan strategi teks acak meliputi: membahas materi, membagi kelompok, mengurutkan potongan hadits, mengoreksi, dan klarifikasi. Prosedur penerapan strategi reading guide meliputi membaca materi, mengerjakan soal, dan klarifikasi. Prosedur penerapan strategi true or false meliputi: membahas materi, menanggapi pernyataan, mengoreksi, dan klarifikasi.