Daftar Isi:
  • Pendidikankaraktersangatpentinguntukdipraktikkankarenaadanya problem akut yang menimpabangsaini.Karaktergenerasimudasudahberadapadatitik yang sangatmengkhawatirkan.Moralitasbangsainisudahlepasdarinorma, etika, agama, danbudayaluhur. Seksbebasmenjadifenomenatanpabisadibendungsedikitpun.Disinilah, pentingnyapendidikankarakter yang kuatitu.Jikakarakterbangsainilemahmakabangsa Indonesia dijadikanbulanbulanannegara- negaramaju yang pengetahuandanteknologinyatinggi, mampumembuatterobosanprogresif, danmelakukanakselerasimasif di segalabidang. Negara iniakansemakintertindas di dalamdanluarnegeri, menjadiburuh di negerisendiri, yang akhirnyadijajahsumberdayaalamdanmanusianyasecaraeksploitatifdantidakmanusia wi. Penelitianinimenelititentangpenggunaanmedia pembelajaranIlmuPengetahuanAlam (IPA) dalampendidikankarakter di kelas V MI Ma’arif NU 1 PagerajiKecamatanCilongokKabupatenBanyumasTahunPelajaran 2014/2015.MI Ma’arif NU 1 Pagerajimerupakansekolah yang memiliki media pembelajaran IPA yang banyakdanberagam.Dan berdasarkanobservasiawalpenggunaan media tersebutdapatmeningkatkankaraktertertentupadapesertadidik.Sehinggapenelitiingi nmengetahuisejauhmanapenanamankarakterpesertadidikmelaluipenggunaan media pembelajaran IPA di kelas V MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanapeningkatankarakter di kelas V MI Ma’arif NU 1 Pagerajimelaluipenggunaan media IPA dalampembelajaran?Jenispenelitianiniadalahpeneliianlapangan, yaitupenelitiandeskriptifkualitatif.Dalammetodepengumpulan data penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Berdasarkanhasilpenelitian yang penulislakukantentangpenggunaan media pembelajaran IPA di Kelas V MI Ma’arif NU 1 PagerajiKecamatanCilongokKabupatenBanyumasTahunPelajaran 2014/2015 karakter-karakter yang diperkuatdenganpenggunaan media pembelajaran IPA antara lain: 1) Disiplin. 2) Percayadiri. 3) Beranimengungkapkanpendapat. 4) Cermat. 5) Menghargai. 6) Teliti. 7) Tekun. 8) Kerjasama. 9) BeraniBertanya. 10) Bertanggungjawab. 11) Jujur.