Daftar Isi:
  • Al-Quran adalah kalam Allah, setiap muslim harus bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Belajar al-Quran yang terbaik dimulai sejak kanak-kanak sehingga bisa mencetak generasi Qurani yang didasari dengan akhlakul karimah. MI Istiqomah Sambas Purbalingga merupakan salah satu lembaga yang mengutamakan pendidikan al-Quran. Dalam pembelajaran al-Quran, MI Istiqomah Sambas menggunakan metode Ummi karena metode tersebut mampu menjamin setiap lulusan dapat membaca al-Quran dengan tartil. Metode Ummi baru diperkenalkan tahun 2007 dengan naungan resmi Ummi Foundation yang berasal dari Surabaya. Penelitian ini membahas penerapan metode Ummi pada pembelajaran Qira’atul Quran di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Ummi pada pembelajaran Qira’atul Quran di MI Istiqomah Sambas Purbalingga tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah penulis dapat mendeskripsikan penerapan metode Ummi pada pembelajaran Qira’atul Quran di MI Istiqomah Sambas Purbalingga tahun pelajaran 2014/2015. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Ummi sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya penerapan metode Ummi pada pembelajaran Qira’atul Quran di MI Istiqomah Sambas Purbalingga sudah berjalan baik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Ummi Foundation. Dengan didukung oleh mutu guru dan sistem penjaminan mutu, metode Ummi yang digunakan dalam pembelajaran Qira’atul Quran ini mampu mempercepat anak dalam membaca al-Quran dengan baik dan benar sehingga menjadikan siswasiswinya berkualitas dalam bidang al-Quran.