Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Matemtika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Balok dan Kubus melalui Media Benda Konkret Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Singasari Karanglewas BanyumasTahun Pelajaran 2013/2014”. Adapun masalah yang menjadi fokus kajian adalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V dengan menggunakan media konkret di MI Ma’arif Singasari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Ma’arif Singasari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 33 siswa. Penelitian di lakukan dengan 2 (dua) siklus masing-masing siklus terbagi dalam satu kali pertemuan. Keberhasilan pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilihat dari perolehan hasil tes di setiap akhir siklus. Adapun hasil penilaian yang diperoleh meliputi : studi awal jumlah siswa tuntas belajar sebanyak 14 siswa atau 42%, jumlah siswa tuntas belajar pada siklus I sebanyak 21 siswa atau 64%, dan jumlah siswa tuntas belajar pada siklus II sebanyak 29 siswa atau 88%. Dengan analisis perolehan tersebut maka pelaksanaan perbaikan pembelajaran Matematika pada materi jaring-jaring bangun ruang balok dan kubus bagi siswa kelas V MI Ma’arif Singasari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas dihentikan pada siklus ke II dimana siswa mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal 60. Kesimpulan berdasarkan kajian teoritis sebagaimana terdapat pada Bab II bahwa melalui media Benda Konkret hasil belajar mata pelajaran Matematika materi jarring-jarring bangun ruang balok dan kubus meningkat.