METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB NASIONAL CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Arviati, 1123304051
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1904/1/ARVIATI_METODE%20PEMBELAJARAN%20PAI%20BAGI%20ANAK%20BERKEBUTUHAN%20KHUSUS%20%28ABK%29%20DI%20SLB%20NASIONAL%20CILONGOK%20BMS%20TAHUN%20PELAJARAN%202013-2014.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1904/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1904/
Daftar Isi:
  • Salah satu komponen pembelajaran yang paling penting dalam pembelajaran adalah metode. Sukses dan tidaknya suatu program pembelajaran bergantung pada metode yang digunakan. Sebab metodelah yang menentukan isi dan cara dalam mengajarkan materi pembelajaran. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan khusus merupakan metode yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SLB agar materi yang di samapikan dapat dengan mudah dimengerti dan di pahami oleh siswa sehingga siswa SLB dapat mengimplementasikan pemahamannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian yang dilaksanakan oleh penulis,penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Guru pendidikan agama islam dan Kepala Sekolah SLB Nasional Cilongok. Sedangkan Objek penelitiannya adalah Adalah metode pembelajaran pendidikan agama islam di SLB pada kelas Tuna Grahita Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan meliputi 3 tahap kegiatan yaitu tahap reduksi data/data reduction,tahap penyajian data/ data display dan tahap penarikan kesimpulan/ conclusion drawing atau verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru pendidikan agama islam di SLB Nasional Cilongok menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar diantaranya metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode drill, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.