v PENERAPAN METODE DRILL PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS II MI DIPONEGORO I PURWOKERTO LOR KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas II MI Diponegoro I Purwokerto Lor, adalah kelas yang sudah menerapkan metode drill pada mata pelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa kelas II di MI Diponegoro I Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode Drill dalam pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa kelas II MI Diponegoro I Purwokerto Lor Tahun Pelajaran 2014/2015 di kelas?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa kelas II MI Diponegoro I Purwokerto Lor Tahun Pelajaran 2014/2015 apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penerapan metode drill untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fildresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan metode drill. Objek dalam penelitian ini adalah metode drill dalam pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa kelas II MI Diponegoro I Purwokerto Timur. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran bahasa Inggris sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan menerapkan metode drill di MI Diponegoro I Purwokerto Lor meliputi kegiatan persiapan seperti penyusunan RPP, prota, promes dan lainnya sebelum melakukan pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris menggunakan metode drill serta evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Semua rangkaian penerapan metode drill tersebut sudah berjalan efektif terbukti dengan peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajarannya. Dalam penggunanya guru menggunakaan variasi