MANAJEMEN LAYANAN PENGEMBANGAN LIFE SKILL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN RETARDASI MENTAL DI SLB NEGERI PURBALINGGA

Main Author: ERI WAHYUNI, NIM. 1223303037
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1844/1/ERI%20WAHYUNI_MANAJEMEN%20LAYANAN%20PENGEMBANGAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1844/2/COVER_DAFTAR%20ISI_ABSTRAK_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1844/
Daftar Isi:
  • Manajemen merupakan syarat penting dalam pencapaian tujuan dalam sebuah kegiatan, suatu kegiatan akan berjalan lancar ketika memiliki manajemen yang baik. Begitupn halnya dengan layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus yang lebih spesifiknya lagi bagi penyandang retardasi mental harus dikelola dengan baik. Mengingat pemberian layanan pengembangan life skill sangat penting, agar anak-anak dengan retardasi mental minimal mampu mengurus dirinya sendiri dan mampu menghadapi problema kehidupannya di masa yang akan datang. Layanan pengembangan life skill akan berjalan dengan maksimal jika sebuah manajemen dilaksanakan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus dengan retardasi mental di SLB Negeri Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus dengan retardasi mental di SLB Negeri Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Perolehan data dilakukan dengan menggali sumber data dari kepala sekolah dan guru pembimbing layanan pengembangan life skill juga pengamatan langsung terhadap proses pelaksanaan program. Adapun objek penelitian ini adalah menejemen layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus dengan retardasi mental di SLB Negeri Purbalingga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus dengan retardasi mental di SLB Negeri Purbalingga dengan enam tahapan manajemen yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan penilaian pada layanan pengembangan life skill tersebut. Adapun jenis pengembanagn life skill yang ada untuk anak retardasi mental yaitu, tata rias, tata boga, mencuci motor dan pertanian.