PENERAPAN PEMBELAJARAN KREATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III C DI MI MA’ARIF NU PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: ALIZA PUTRI PRATIWI, NIM.1223305001
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1843/1/ALIZA%20PUTRI%20PRATIWI_PENERAPAN%20PEMBELAJARAN%20KREATIF.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1843/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1843/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan peserta didik. Melalui pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar diharapkan peserta didik dapat meningkatkan kemampuan intelektual, sosial dan emosional, sebagai penunjang keberhasilan dalam mempelajari mata pelajaran yang lainnya. Dengan demikian seharusnya guru dapat menerapkan model pembelajaran yang menarik agar pembelajaran dapat dipahami oleh siswa dan pembelajaran bahasa Indonesia lebih menyenangkan. Salah satu yang dilakukan oleh guru kelas III C di MI Ma’arif NU Pageraji yaitu dengan menerapkan pembelajaran kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III C di MI Ma’arif NU Pageraji yang dilakukan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajarnya. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Guru Kelas III C di MI Ma’arif NU Pageraji, Siswa Kelas III C di MI Ma’arif NU Pageraji, serta Kepala Sekolah MI Ma’arif NU Pageraji. Objek yang dikaji adalah penerapan pembelajaran kreatif mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III C di MI Ma’arif NU Pageraji. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kreatif yang digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah sesuai dengan teori yang peneliti paparkan di bab II. Dalam pelakasanaan kegiatan pembelajarannya guru kelas III C di MI Ma’arif NU Pageraji menunjukkan gambaran pelaksanaan pembelajaran tematik dan pengembangan kreativitas dengan memperhatikan tingkat perkembangan, serta tingkat kesiapan anak.