PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MENGENAL BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL VCD PADA SISWA KELAS II SEMESTER I MI MA’ARIF NU 1 GANCANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | MAMLUATURRO’FAH, 1123306173 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1840/1/MAMLUATURRO%27FAH_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPA%20MATERI%20MENGENAL%20BAGIAN-BAGIAN%20TUMBUHAN%20DAN%20KEGUNAANNYA%20MELALUI%20MEDIA%20AUDIO%20VISUAL%20VCD.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1840/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1840/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pembelajaran IPA materi bagianbagian tumbuhan dan kegunaannya di kelas II MI Ma’arif NU 1 Gancang Kecamatan Gumelar yang belum mampu mencapai ketuntasan klasikal dan belum pernah dilakukan upaya perbaikan melalui penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah media audio visual VCD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi mengenal bagian-bagian tumbuhan dan kegunaannya pada siswa kelas II di MI Ma’arif NU 1 Gancang Kecamatan Gumelar Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media audio visual VCD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi mengenal bagian-bagian tumbuhan dan kegunaannya pada siswa kelas II di MI Ma’arif NU 1 Gancang Kecamatan Gumelar Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data meliputi data primer yaitu siswa kelas II MI Ma’arif NU 1 Gancang Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan media audio visual VCD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi mengenal bagian-bagian tumbuhan dan kegunaannya pada siswa kelas II MI Ma’arif NU 1 Gancang Gumelar Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015; dan (2) Berdasarkan data hasil belajar siswa, diketahui jumlah siswa tuntas belajar pada observasi awal dokumentasi nilai tahun pelajaran 2012/2013 sebesar 47,83%, ketuntasan tahun pelajaran 2014/2015 sebesar 45,45% dan setelah perbaikan pembelajaran dengan media audio visual VCD ketuntasan pada siklus I ada 63,64% atau terdapat peningkatan dibandingkan pada observasi awal. Pada siklus II meningkat menjadi 90,91%.