Daftar Isi:
  • Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Purwokerto 2. Media yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab adalah multimedia yang dapat mengakomodir tipe-tipe dari masing-masing pembelajar karena multimedia merupakan kombinasi komputer dengan teks, gambar, grafik, video, audio dan film yang dapat menampilkan tampilan untuk dilihat dan didengarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data oleh guru kelas, dan siswa kelas XI IPA dan kelas XI IPS, dan kepala tata usaha MAN purwokerto 2 secara langsung dengan pengamatan penulis. Adapun objek penelitian ini adalah penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Purwokerto 2 Kabupaten Banyumas. Skripsi ini menunjukkan bagaimana penggunaan multimedia pembelajaran yang di gunakan dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan atau persiapan, pelaksanaan sampai tahap penutup atau evaluasi. Berdasarkan data-data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa arab dapat menarik minat siswa untuk belajar, memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran memudahkan siswa untuk menerima pembelajaran, dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran sehingga hasil belajarnya dapat tercapai secara maksimal