PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 2 CILACAP
Main Author: | SAPUTRI WIDININGSIH SOLICHAH, 102331064 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1796/1/SAPUTRI%20WIDININGSIH%20SOLICHAH_PENERAPAN%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PAI%20DI%20SMP%20MUHAMMADIYAH%202%20CILACAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1796/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1796/ |
ctrlnum |
1796 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1796/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF
PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI SMP MUHAMMADIYAH 2 CILACAP</title><creator>SAPUTRI WIDININGSIH SOLICHAH, 102331064</creator><subject>2x7.3303 Metodologi</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi adanya kendala dalam proses pembelajaran
Pendidikan Agama Islam, yaitu minat peserta didik yang rendah terhadap mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam, mereka lebih suka dengan mata pelajaran yang
berbasis teknologi dan informasi. Selain itu juga karena mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam tidak termasuk dalam mata pelajaran untuk Ujian Nasional.
Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam menuntut agar pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
peserta didik harus aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran, agar proses
pembelajaran tidak membosankan, serta tujuan pembelajaran akan tercapai secara
maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan mengenai
Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Di SMP Muhammadiyah 2 Cilacap tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, yaitu penelitian untuk
mengumpulkan informasi mengenai keadaan yang ada pada saat penelitian
dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini
dilakukan selama di lapangan model Miles and Huberman, yaitu dengan data
reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing /
verification (penarikan kesimpulan). Dari analisis data tersebut baru dapat ditarik
kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan, penerapan Strategi Pembelajaran Aktif
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Cilacap
tahun pelajaran 2014/2015 diantaranya adalah Reading Aloud, Jigsaw Learning,
Modelling the Way, Everyone Is A Teacher Here, dan Group Resume. Penerapan
Strategi Pembelajaran Aktif tersebut sudah tepat, karena sudah sesuai dengan materi
pelajaran dan keadaan atau kondisi peserta didiknya, terlihat dari keantusiasan
peserta didik saat mengikuti pembelajaran.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1796/1/SAPUTRI%20WIDININGSIH%20SOLICHAH_PENERAPAN%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PAI%20DI%20SMP%20MUHAMMADIYAH%202%20CILACAP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1796/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SAPUTRI WIDININGSIH SOLICHAH, 102331064 (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 2 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>1796</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SAPUTRI WIDININGSIH SOLICHAH, 102331064 |
title |
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF
PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI SMP MUHAMMADIYAH 2 CILACAP |
publishDate |
2015 |
topic |
2x7.3303 Metodologi |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1796/1/SAPUTRI%20WIDININGSIH%20SOLICHAH_PENERAPAN%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PAI%20DI%20SMP%20MUHAMMADIYAH%202%20CILACAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1796/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1796/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi adanya kendala dalam proses pembelajaran
Pendidikan Agama Islam, yaitu minat peserta didik yang rendah terhadap mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam, mereka lebih suka dengan mata pelajaran yang
berbasis teknologi dan informasi. Selain itu juga karena mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam tidak termasuk dalam mata pelajaran untuk Ujian Nasional.
Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam menuntut agar pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
peserta didik harus aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran, agar proses
pembelajaran tidak membosankan, serta tujuan pembelajaran akan tercapai secara
maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan mengenai
Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Di SMP Muhammadiyah 2 Cilacap tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, yaitu penelitian untuk
mengumpulkan informasi mengenai keadaan yang ada pada saat penelitian
dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini
dilakukan selama di lapangan model Miles and Huberman, yaitu dengan data
reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing /
verification (penarikan kesimpulan). Dari analisis data tersebut baru dapat ditarik
kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan, penerapan Strategi Pembelajaran Aktif
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Cilacap
tahun pelajaran 2014/2015 diantaranya adalah Reading Aloud, Jigsaw Learning,
Modelling the Way, Everyone Is A Teacher Here, dan Group Resume. Penerapan
Strategi Pembelajaran Aktif tersebut sudah tepat, karena sudah sesuai dengan materi
pelajaran dan keadaan atau kondisi peserta didiknya, terlihat dari keantusiasan
peserta didik saat mengikuti pembelajaran. |
id |
IOS3655.1796 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2017-04-17T01:41:20Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:48:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141786797080576 |
score |
17.538404 |