UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURUDI SMA N 1 SAMPANG CILACAP
Main Author: | Ummu Maysaroh, 102333013 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1768/1/UMMU%20MAYSAROH_UPAYA%20KEPALA%20SEKOLAH%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KINERJA%20GURUDI%20SMA%20N%201%20SAMPANG%20%20CILACAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1768/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1768/ |
Daftar Isi:
- Sebuah sekolah adalah organisasi yang komplek dan unik sehingga memerlukan tingkat organisasi yang tinggi. Kepala Sekolah sebagai motor penggerak bagi guru mempunyai peran penting dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas kelancaran dan keberhasilan di sekolah mempunyai kewenangan untuk mengelola dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada khususnya guru yaitu melalui upaya-upaya yang dapat meningkatkan kinerjanya. Adapun yang menjadi tujuan dari upaya tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja personal (guru) sehingga dalam pelaksanaan belajar mengajar lebih cakap, terarah, dan profesional serta lebih mudah merealisasikan dalam tugasnya sehari-hari Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaupayakepalasekolahdala mmeningkatkankinerja guru di SMA Negeri 1 Sampang.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Subjekpenelitianiniadalahke palasekolah, guru, sertatimpenilai SMA Negeri 1 Sampang. Tempatpenelitiandilakukan di SMA Negeri 1 Sampang.Adapunmetodepengumpulandatanyamenggunakanteknikwawancara, observasidandokumentasi.Data dianalisisdengandeskriptifkualitatif. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaupayaKepalaSekolahdalammeningkatk ankinerja guru yaituMembuat Target yang Disepakati, MelakukanSosialisasi Target, MemberdayakanManajemendan Guru, Membentuk Teamwork yang Solid danProfesional, MembuatIndikator-IndikatorKeberhasilan, PembinaanDisiplinTenagaKependidikan, PemberianMotivasi. Penghargaan (Reward). Upaya-upayatersebutberpengaruhpadapeningkatankierja guru, walaupunbelummaksimaldanmasihperluuntukdievaluasidanKepalaSekolahperlute rusmeningkatkankinerja guru demi majunyamutupendidikansekolah.