KORELASI ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA’ARIF NU 2 KEMRANJEN
Daftar Isi:
- Prestasi belajar siswa masih menjadi tolak ukur keberhasilan seorang siswa dalam mengikuti proses pendidikan. Pada penelitian ini peneliti mengupas masalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Keberhasilan belajar seorang siswa secara umum dipengaruhi oleh pemanfaatan perpustakaan, dukungan, arahan, dan motivasi dari orangtua serta guru. Penelitian ini berjudul “Korelasi antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Ma’arif NU 2 Kemranjen” yang dilakukan di MTs Ma’arif NU 2 Kemranjen kelas VII dan VIII terdiri dari 6 kelas sejumlah 156 siswa dengan jumlah sampel 101 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik acak, data dikumpulkan dengan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa, wawancara kepada guru SKI dan Petugas Perpustakaan. Untuk menjawab permasalahan secara korelasi dengan menggunakan teknik analisis product moment guna menguji hipotesis penelitian yang didahului dengan penentuan variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Dari hasil penelitian ini, diperoleh angka korelasi antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI atau rxy adalah 0,337. Kemudian hasil t hitung dibandingkan dengan t tabel. Untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan dk = n – 2 = 101 – 2 = 99, maka diperoleh t tabel = 1,6602. Berdasarkan perhitungan maka dapat dinyatakan Ho yang menyatakan tidak ada korelasi antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah ditolak, dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya koefisien korelasi antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam sebesar 0,337 adalah signifikan.