METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH GUPPI KARANGNANGKA KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | Femi Nur Asih, 082338020 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1752/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1752/2/Femi%20Nur%20Asih_METODE%20PEMBELAJARAN%20AKIDAH%20AKHLAK.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1752/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan Belajar Mengajar Akidah Akhlak membutuhkan metode. Pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran Akidah Akhlak yang tepat bisa menghasilkan siswa-siswi yang bergairah dalam belajar dan memperoleh nilai yang diharapkan. Karena itu hal ini sangat penting bagi guru untuk mempelajarinya dan menerapkannya. Adapun lokasi penelitian adalah MI GUPPI Karangnangka Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, saat ini merupakan salah satu MI yang bagus di Kecamatan Mrebet kabupaten Purbalingga. Telah terakreditasi “B”. Pembelajarannya berhasil, siswa-siswi mendapat nilai yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Akidah Akhlak kelas IV di MI GUPPI Karangnangka Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penulis secara langsung mendatangi lokasi di MI GUPPI Karangnangka Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian ini adalah kualitatif, untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dan tidak menggunakan teknik analisis statistik ataupun interpretasi kuantitatif. Subjek penelitian adalah Kepala MI GUPPI Karangnangka yaitu Ibu Purwi Indrianingsih, S.Pd.I, guru Akidah Akhlak kelas IV yaitu Bapak Andriyanto, S.Pd.I dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran akidah akhlak yang telah digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas IV MI GUPPI Karangnangka Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga adalah memuaskan yaitu siswa bergairah dalam belajar dan memperoleh nilai yang bagus di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Adapun metode pembelajaran Akidah Akhlak yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, drill, resitasi, pembiasaan dan keteladanan. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Akidah Akhlak