METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | MELIANA FAUZIYAH, 102331055 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1751/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1751/2/Meliana%20F_METODE%20PEMBELAJARAN%20FIQIH.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1751/ |
Daftar Isi:
- Metode digunakan dalam serangkaian sistem pembelajaran yang memegang peranan sangat penting dalam keberhasilannya. Sepintar apapun guru dalam menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik, jika guru dalam menyampaikan materi tidak mempunyai metode yang sesuai dalam proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan peserta didik tidak bisa menerima materi tersebut dengan baik. Latar belakang dari penelitian ini yaitu dalam pembelajaran fiqih guru menggunakan beberapa metode tidak hanya satu metode saja. Selain itu nilai dari peserta didik dalam pelajaran Fiqih baik. Dalam pelajaran umum juga mendapat prestasi di tingkat kecamatan sampai provinsi. Penelitian ini membahas mengenai penggunaan metode pembelajaran Fiqih di MI Istiqomah Sambas Purbalingga pada siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Fiqih di MI Istiqomah Sambas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama di lapangan model Miles and Huberman, yaitu dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusiondrawing / verification (penarikan kesimpulan). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa metode pembelajaran Fiqih di MI Istiqomah Sambas Purbalingga pada siswa kelas IV disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Ada beberapa tahapan yang dilakukan guru dalam pembelajaran yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam penggunaan metode sudah baik, ketika menjelaskan materi menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab digunakan untuk mengajukan pertanyaan, metode demonstrasi digunakan untuk menjelaskan dengan cara mempraktekkan, dan metode tugas digunakan untuk memberikan tugas kepada peserta didik. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqih, MI Istiqomah Sambas Purbalingga