METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VI MI NEGERI KLAMPOK KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: NUR SETYA RATNAWATI, 1123304017
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1748/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1748/2/Nur%20Setya%20Ratnawati_METODE%20PEMBELAJARAN%20AKIDAH%20AKHLAK%20KELAS%20VI.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1748/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode Pembelajaran akidah akhlak kelas VI MI Negeri Klampok kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya menggunakan analisa kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diketahui penerapan metode pembelajaran akidah akhlak di MI Negeri Klampok Kecamatan Purwareja Klampok kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014 menggunakan beberapa metode. Metode pembelajaran yang digunakan berdasarkan materi yang diajarkan dan biasanya metode pembelajaran yang digunakan tidak hanya menggunakan ceramah saja tetapi dikombinasikan dengan metode yang lainnya seperti metode tanya jawab, metode diskusi dan metode pemberian tugas dalam setiap materi pembelajaran, hal itu dilakukan agar dalam suatu pokok bahasan bisa dipahami secara tuntas. Agar pembelajaran tidak monoton guru dituntut untuk kreatif dalam penggunaan metode pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode yang menarik agar situasi pembelajaran tidak membosankan. Metode pendukung akhlak MI Negeri Klampok antara lain metode Kedisiplinan, metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode nasehat. Penggunaan metode pembelajaran akidah akhlak yang kombinatif memang dapat menghilangkan kebosanan pada peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung. Selain itu akan meningkatkan efektivitas pembelajaran itu sendiri. Agar pembelajaran tidak monoton guru dituntut untuk kreatif dalam penggunaan metode pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode yang menarik agar situasi pembelajaran tidak membosankan. Kata Kunci : Metode pembelajaran Akidah akhlak