Daftar Isi:
  • Metodedigunakandalamserangkaiansistempembelajaran yang memegangperanan yang sangatpentingdalamkeberhasilannya.Skripsiinidilatarbelakangidenganadanyafarias ipenggunaanmetodepembelajaran yang dilakuaknoleh guru Bahasa Arab di MTs Nurul Islam Clekatakanuntukmenyampaikanmateripembelajaranbahasa Arab kepadasiswa, sehinggasiswamampumenguasikompetensisesuaidengantujuanpembelajaran yang ada. Dimanadiketahuibahwadalampembelajaranbahasa Arab siswaharusmampumenguasaiempatketrampilan.Keterampilanmenyimak, keterampilanberbicara, keterampilanmembacadanketerampilanmenulis. Tentunya di sini guru harus menguasai dan menggunakan metode-metodeyang sesuai dengan materi pembelajaran RumusanmasalahdalammetodeiniadalahBagaimanapenerapanMetodePemb elajaranMufradat di MTs Nurul Islam ClekatakanKecamatanPulosariKabupatenPemalangTahunPelajaran 2013/2014.Metodepengumpulan data yang digunakanantaralainmetodewawancara, metodeobserfasi, dan dokumentasi. Sedangkanuntukmenganalisis data yang diperoleh, penulislakukandengancaramenelaahseluruh data, mereduksi data, menyajikan data danverifikasi data. Hasildaripenelitianiniyaituterdapattujuhmetodedalampembelajaranbahasa Arab di MTs Nurul Islam Clekatakan, yaitumetodeterjemah(translation method), metodefonetik, metodemembaca, metodeMim-Mem ( menirudanmengahafal), metodeqowaid (nahwushorof), metodecampuran (elektrik), dam metodedemonstrasi. Dari ketujuhmetodetersebutdalampembelajaranmufradat gurumenggunakan lima metodeantara lain metodeterjemah, metode Mimmem, metodemembaca, metodecampurandanmetodedemonstrasi. Penggunaan metode pembelajaran oleh guru bahasa Arab sudah sesuai dengan metode-metode yang disampaikan penulis pada BAB II dan dalam pembelajarannya siswa menunjukn antusias yang tinggi dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran bahasa Arab.