METODE PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTs NURUL ISLAM CLEKATAKAN KECAMATAN PULOSARI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | SITI BARIDAH, 102332025 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1729/1/SITI%20BARIDAH_METODE%20PEMBELAJARAN%20MUFRODAT%20DI%20MTs%20NURUL%20ISLAM%20CLEKATAKAN%20PULOSARI%20MALANG%20TAHUN%20PELAJARAN%20%202013-2014.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1729/2/COVER%2C%20BABI%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1729/ |
Daftar Isi:
- Metodedigunakandalamserangkaiansistempembelajaran yang memegangperanan yang sangatpentingdalamkeberhasilannya.Skripsiinidilatarbelakangidenganadanyafarias ipenggunaanmetodepembelajaran yang dilakuaknoleh guru Bahasa Arab di MTs Nurul Islam Clekatakanuntukmenyampaikanmateripembelajaranbahasa Arab kepadasiswa, sehinggasiswamampumenguasikompetensisesuaidengantujuanpembelajaran yang ada. Dimanadiketahuibahwadalampembelajaranbahasa Arab siswaharusmampumenguasaiempatketrampilan.Keterampilanmenyimak, keterampilanberbicara, keterampilanmembacadanketerampilanmenulis. Tentunya di sini guru harus menguasai dan menggunakan metode-metodeyang sesuai dengan materi pembelajaran RumusanmasalahdalammetodeiniadalahBagaimanapenerapanMetodePemb elajaranMufradat di MTs Nurul Islam ClekatakanKecamatanPulosariKabupatenPemalangTahunPelajaran 2013/2014.Metodepengumpulan data yang digunakanantaralainmetodewawancara, metodeobserfasi, dan dokumentasi. Sedangkanuntukmenganalisis data yang diperoleh, penulislakukandengancaramenelaahseluruh data, mereduksi data, menyajikan data danverifikasi data. Hasildaripenelitianiniyaituterdapattujuhmetodedalampembelajaranbahasa Arab di MTs Nurul Islam Clekatakan, yaitumetodeterjemah(translation method), metodefonetik, metodemembaca, metodeMim-Mem ( menirudanmengahafal), metodeqowaid (nahwushorof), metodecampuran (elektrik), dam metodedemonstrasi. Dari ketujuhmetodetersebutdalampembelajaranmufradat gurumenggunakan lima metodeantara lain metodeterjemah, metode Mimmem, metodemembaca, metodecampurandanmetodedemonstrasi. Penggunaan metode pembelajaran oleh guru bahasa Arab sudah sesuai dengan metode-metode yang disampaikan penulis pada BAB II dan dalam pembelajarannya siswa menunjukn antusias yang tinggi dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran bahasa Arab.