Daftar Isi:
  • Dalam menanamkan akhlak yang baik pada anak, pembelajaran aqidah akhlak merupakan pembelajaran yang sangat penting karena aqidah akhlak adalah tujuan diutusnya Rasul dengan tujuan untuk membetulkan aqidah dan akhlak manusia. Dan maju mundurnya Negara adalah baik buruknya aqidah akhlak generasi mudanya. Masalah tersebut ditentukan bagaimana pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran aqidah akhlak dan pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MI Ma`arif NU Lemberang. Jenis penelitian yang dilakukan bersifat studi lapangan dengan metode kualitatif, karena didasarkan pada tempat dan sumber data yang diambil dari MI Ma`arif NU Lemberang. Subyek penelitian adalah kepala Madrasah, guru dan siswa. Obyek penelitian adalah pembelajaran aqidah akhlak di MI Ma`arif NU Lemberang. Metode pengumpulan data yang dikumpulkan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil kesimpulan bahwa pembelajaran aqidah akhlak di MI Ma`arif NU Lemberang, meliputi: kurikulum, pendekatan pembelajaran, pembuatan persiapan mengajar, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, metode pembelajaran aqidah akhlak, dan evaluasi pembelajaran. Sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar guru membuat Rerencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegaiatan inti, kegiatan akhir dan pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan materi, metode, media dan evaluasi. Adapun pelaksanaan pembinaan akhalakul karimah dilakukan dengan pendekatan pembinaan akhlakul karimah dengan membina hubungan baik antara guru dan siswa, siswa dan siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam membina aqidah akhlak dengan pendekatan keimanan, pengamalan, pembiasaan, rasional, pengalaman dan keteladanan.