PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI TASMIRUSSIBYAN SIDAMULYA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015
ctrlnum |
1714 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1714/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI TASMIRUSSIBYAN SIDAMULYA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015</title><creator>EDI SUSANTO, 112306162</creator><subject>371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials</subject><description>Sekripsi ini membahas tentang pelaksanaan peningkatan hasil belajar mata
pelajaran IPA melalui pemanfaatan multimedia pada siswa kelas V semester I MI
Tasmirussibyan Sidamulya Kemranjen Banyumas. Kajianya dilatar belakangi oleh
rendahnya hasil belajar siswa kelas V semester I MI Tasmirusibyan sidamulya
dalam mata pelajaran IPA terutama materi organ pernapasan manusia.
Berdasarkan hasil observasi pendahuluan, perolehan nilai siswa kelas V
untuk materi organ pernapasan manusia sangat rendah dengan diperolehnya nilai
ketuntasan klasikal atau daya serap baru 43,9 %. Setelah dilakukan analisis dan
refleksi, penulis menduga bahwa rendahnya hasil belajar tersebut dipengaruhi
oleh kurangnya alat peraga/media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam
proses pembelajaran. Selama ini guru cenderung mengajar menggunakan metode
ceramah dan latihan sehingga siswa menjadi pasif dan bosan dalam belajar
sehingga tidak konsentrasi dan serius dalam mengikuti proses pembelajaran.
Berdasarkan kondisi di atas, penulis melakukan penelitian tindakan kelas
dengan maksud ingin meningkatkan prestasi/hasil belajar siswa. Dalam hal ini
penulis sebagai peneliti menggunakan media/alat peraga multimedia pada siswa
kelas V semester I MI Tasmirusibyan sidamulya. Penelitian ini dilakukan dalam 2
siklus yang setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Dalam setiap
siklus memakai tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Setelah dilakukan penelitian, hasil belajar siswa kelas V semester I MI
Tasmirusibyan sidamulya pada materi organ pernapasan manusia mengalami
peningkatan yang signifikan. Daya serap atau tuntas klasikal pada pra siklus
Siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 43,90% dari jumlah 41 siswa dengan
nilai rata-rata kelasnya adalah 66,10. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 34
siswa atau 82,93% dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 74,63. Siklus II siswa
yang tuntas sebanyak 41 siswa atau 100% dari jumlah seluruh siswa dengan nilai
rata-rata kelasnya adalah 84,88.
Dengan demikian pemanfaatan multimedia merupakan media yang efektif
untuk menkongkritkan organ pernapasan manusia sehingga siswa cepat paham
dan memotivasi siswa untuk senang pada pelajaran IPA yang pada akhirnya dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1714/2/EDI%20SUSANTO_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20SUB%20POKOK%20BAHASAN%20ORGAN%20PERNAPASAN%20MANUSIA%20MELALUI%20PEMANFAATAN%20MULTIMEDIA%20PADA%20SISWA%20KLS%20V%20SMT%20I%20MI%20TASMIRUSSIBYAN%20SIDAMULYA%20%20KEMRANJEN%20%20BMS%20TH%20PEL%202014-2015.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1714/3/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> EDI SUSANTO, 112306162 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI TASMIRUSSIBYAN SIDAMULYA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>1714</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
EDI SUSANTO, 112306162 |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI TASMIRUSSIBYAN SIDAMULYA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015 |
publishDate |
2014 |
isbn |
9782020142014 |
topic |
371.33 Tools Equipment and Teaching Materials |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1714/2/EDI%20SUSANTO_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20SUB%20POKOK%20BAHASAN%20ORGAN%20PERNAPASAN%20MANUSIA%20MELALUI%20PEMANFAATAN%20MULTIMEDIA%20PADA%20SISWA%20KLS%20V%20SMT%20I%20MI%20TASMIRUSSIBYAN%20SIDAMULYA%20%20KEMRANJEN%20%20BMS%20TH%20PEL%202014-2015.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1714/3/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1714/ |
contents |
Sekripsi ini membahas tentang pelaksanaan peningkatan hasil belajar mata
pelajaran IPA melalui pemanfaatan multimedia pada siswa kelas V semester I MI
Tasmirussibyan Sidamulya Kemranjen Banyumas. Kajianya dilatar belakangi oleh
rendahnya hasil belajar siswa kelas V semester I MI Tasmirusibyan sidamulya
dalam mata pelajaran IPA terutama materi organ pernapasan manusia.
Berdasarkan hasil observasi pendahuluan, perolehan nilai siswa kelas V
untuk materi organ pernapasan manusia sangat rendah dengan diperolehnya nilai
ketuntasan klasikal atau daya serap baru 43,9 %. Setelah dilakukan analisis dan
refleksi, penulis menduga bahwa rendahnya hasil belajar tersebut dipengaruhi
oleh kurangnya alat peraga/media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam
proses pembelajaran. Selama ini guru cenderung mengajar menggunakan metode
ceramah dan latihan sehingga siswa menjadi pasif dan bosan dalam belajar
sehingga tidak konsentrasi dan serius dalam mengikuti proses pembelajaran.
Berdasarkan kondisi di atas, penulis melakukan penelitian tindakan kelas
dengan maksud ingin meningkatkan prestasi/hasil belajar siswa. Dalam hal ini
penulis sebagai peneliti menggunakan media/alat peraga multimedia pada siswa
kelas V semester I MI Tasmirusibyan sidamulya. Penelitian ini dilakukan dalam 2
siklus yang setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Dalam setiap
siklus memakai tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Setelah dilakukan penelitian, hasil belajar siswa kelas V semester I MI
Tasmirusibyan sidamulya pada materi organ pernapasan manusia mengalami
peningkatan yang signifikan. Daya serap atau tuntas klasikal pada pra siklus
Siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 43,90% dari jumlah 41 siswa dengan
nilai rata-rata kelasnya adalah 66,10. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 34
siswa atau 82,93% dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 74,63. Siklus II siswa
yang tuntas sebanyak 41 siswa atau 100% dari jumlah seluruh siswa dengan nilai
rata-rata kelasnya adalah 84,88.
Dengan demikian pemanfaatan multimedia merupakan media yang efektif
untuk menkongkritkan organ pernapasan manusia sehingga siswa cepat paham
dan memotivasi siswa untuk senang pada pelajaran IPA yang pada akhirnya dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. |
id |
IOS3655.1714 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2017-04-17T01:41:18Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:48:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141786506625024 |
score |
17.538404 |