Daftar Isi:
  • Kompetensi paedagogik guru adalah kemampuan, pemahaman, dan penguasaan guru dalam mengelola pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien, guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama di dalam proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang sangat berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan berhasil tanpa didukung oleh guru yang berkompeten dan profesional. Dengan kata lain, perbaikan kualitas pendidikan harus berpangkal dari guru dan berujung dari guru pula. Mata pelajaran pendidikan agama Islam meliputi pelajaran Al Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam yang menjadi sumber nilai dan landasan moral spiritual yang kokoh dalam pengembangan keilmuan dan kajian keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru mata pelajaran Rumpun PAI dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya dalam mengelola pembelajaran di di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi dan obervasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis kualitatif, karena struktur pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif maka data yang dikumpulkan dilakukan pengelompokkan data dan pengurangan yang tidak penting. Lokasi penelitian dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam yang jumlahnya ada 6 orang guru. Adapun objeknya adalah kompetensi paedagogik guru mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Kompetensi paedagogik guru yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kompetensi paedagogik yang sesuai dengan Permendiknas No.16 Tahun 2007 yang semuanya ada sepuluh aspek, dari sepuluh aspek kompetensi paedagogik tersebut masing-masing memiliki indikator-indikator yang harus di kuasai dan di implementasikan oleh seorang guru, sehingga dalam penyajian penelitian ini lebih tertuju pada indikator-indikatornya.