Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran guru tidak hanya menggunakan satu metode saja, namun harus menggunakan metode yang bervariasi. Hal ini bertujuan agar hasil kegiatan belajar mengajar tidak membuat siswa lekas bosan, siswa kurang bersemangat, proses pembelajaran pun akan berjalan lancar serta tujuan dan materi yang hendak disampaikan pun dapat tercapai. Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan oleh seorang guru untuk menyampaikan materi guna mencapai tujuan pembelajaran. Akan tetapi kita harus mengetahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu guru harus tepat dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, tujuan yang harus dicapai, serta situasi dan kondisi peserta didik yang tepat pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran PKn dalam kegiatan belajar mengajar serta memperoleh gambaran mengenai penggunaan variasi metode pembelajaran PKn serta untuk mendeskripsikan secara detail tentang penggunaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan mengambil latar belakang Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tamansari Kecamatan Karangmoncol Purbalingga. Sumber pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna pada data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran PKn yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi, metode resitasi, metode bernyanyi, dan metode tanya jawab. Penggunaan metode-metode tersebut disesuaikan dengan materi pelajaran dan tujuan pembelajaran pada mata pelajaran PKn yang akan disampaikan kepada siswa di Madrasah Ibtidiyah Muhammadiyah Tamansari, sehingga membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan membuat prestasi belajarnya baik.