Daftar Isi:
  • Pendidikan yang berkualitas akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran penanaman konsep dasar merupakan jembatan yang harus dapat menghubungkan kemampuan kognitif siswa yang konkrit dengan konsep baru yang abstrak. Dalam pembelajaran, alat peraga diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan. Disinilah guru mempunyai peran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penulisan ini adalah “Apakah penggunaan alat peraga Timbangan Bilangan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka cara bersusun pendek ?” Jenis penulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah Penulisan Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan suatu upaya untuk mencermati suatu kegiatan belajar sekelompok peserta didik dengan memberikan sebuah tindakan. Tujuan penulisan tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka cara bersusun pendek dengan menggunakan alat peraga Timbangan Bilangan siswa kelas 1. Subjek, metode pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penulisan. Data yang akan diteliti adalah data kuantitatif dengan angka-angka yang diperoleh melalui tes. Dari hasil analisis mengalami peningkatan dari kondisi awal sampai siklus II, dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh yaitu rata-rata nilai kelas kondisi awal 55,6, rata-rata nilai kelas siklus I 65,12, rata-rata nilai siklus II 80,00 dan prosentase ketuntasannya yaitu kondisi awal 30%, siklus I 70% dan siklus II 91%.