UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI SD NEGERI GAMBARSARI KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | Nuryatmi, 102338036 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1646/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1646/2/Nuryatmi_UPAYA%20GURU%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DALAM%20PEMBENTUKAN%20AKHLAKUL%20KARIMAH.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1646/ |
Daftar Isi:
- Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah di SD Negeri Gambarsari Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga” merupakan skripsi yang membahas tentang bagaimana upaya guru Pendidikaan Agama Islam dalam rangka membentuk (membimbing dan mengarahkan) peserta didik yang berakhlakul karimah dalam mencapai tujuan pendidikan agama Islam di SD Negeri Gambarsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat menggambarkan atau descriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Gambarsari. Informan atau subjek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Dalam menganalisis penulis menggunakan dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kemudian metode berfikir yang penulis gunakan adalah metode berfikir induktif dan metode berfikir deduktif. Beberapa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam yaitu melalui pemantauan terhadap perilaku siswa dengan cara menegur siswanya apabila melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan peraturan sekolah seperti tidak memakai seragam dengan lengkap, membuang sampah sembarangan, tidak sopan atau tidak menggunakan kata-kata yang baik maka guru akan menegur dan mengarahkan kepada sikap yang sebaiknya dilakukan, mengadakan sholat dhuhur berjamaah, mengadakan tadarus bersama sebelum proses belajar mengajar. Dalam membimbing dan mengarahkan guru PAI juga menanamkan nilai-nilai agama yang tentunya akan menjadi modal bagi peserta didik dalam menanamkan etika seperti kedisiplinan, kejujuran, kesabaran, kebersihan, sopan santun belajar menghargai diri sendiri dan orang lain serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Faktor pendukungnya yaitu: guru yang berkompetensi, kerjasama antara para guru dan kepala sekolah dan adanya peraturan sekolah. Faktor penghambatnya adalah kurang kesadaran diri dari siswa dan kurangnya kesadaran wali murid tentang penanaman akhlak bagi putraputrinya sejak dini. Kata Kunci: Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah