ANALISIS BUKU AJAR KELAS I SD/MI TEMA DIRIKU DALAM KONSEP KURIKULUM 2013
Main Author: | IKA WASILATUL NGAINIYAH, 102335006 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1627/1/IKA%20WASILATUL%20NGAINIYAH_ANALISIS%20BUKU%20AJAR%20KELAS%20I%20SD-MI%20TEMA%20DIRIKU%20DALAM%20KONSEP%20KUR%202013.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1627/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1627/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang pada penelitian ini adalah perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 yang membawa perubahan pada sistem pendidikan, termasuk dalam tingkat pendidikan dasar. Oleh karena itu, proses pembelajaran dan perangkat pendukung mengalami perubahan, termasuk buku ajar. Buku ajar Kurikulum 2013 untuk tingkat sekolah dasar, bersifat tematik-integratif yang dibuat mengikat kegiatan seluruh mata pelajaran, terkecuali pendidikan agama dan budi pekerti. Buku ajar kelas I SD/MI terdapat delapan tema yaitu diriku, kegemaranku, kegiatanku, keluargaku, pengalamanku, lingkungan bersih, sehat dan asri, benda, binatang dan tanaman di sekitarku dan perisiwa alam. Dari berbagai tema yang ada, penulis akan meneliti tentang buku ajar tema diriku. Buku ajar tema diriku dalam konsep kurikulum 2013 adalah penguraian dan penjabaran buku ajar kelas I SD/MI tema diriku dalam pemikiran umum yang terkandung dalam kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku-buku, dokumen-dokumen dan materi perpustakaan lainnya, yang dapat dijadikan sumber rujukan untuk menyusun laporan ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan penulis menggunakan metode dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan teknis analisis isi, yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan dengan cara mengidentifikasi karakteristik tertentu pada pesanpesan secara sistematis dan objektif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa isi buku guru dan buku siswa kelas I SD/MI tema diriku yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan secara keseluruhan sudah sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, terutama materi SBDP. Selain itu masih terdapat kekurangan dalam menjabarkan materi PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika dan PJOK, dan ditinjau dari prinsipprinsip kurikulum 2013 secara keeseluruhan semua prinsip telah terpenuhi terkecuali prinsip ketujuh yaitu kurikulum harus tanggap terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, budaya, teknologi dan seni.