PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH BOKOL KEMANGKON PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | KUSTIYAH, 1123306086 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1621/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1621/2/Kustiyah_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPA%20MATERI%20PERUBAHAN%20WUJUD%20BENDA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1621/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II MI Muhammadiyah Bokol pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Wujud Benda. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang berhasil mendapat nilai di atas KKM hanya 4 dari 11 siswa atau 38,5%. Maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Bokol Tahun Pelajaran 2013/2014” Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai pelaksana dan rekan sejawat sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Muhammadiyah Bokol dengan jumlah siswa sebanyak 11 anak yang terdiri dari 3 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus memiliki tahapan-tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan non tes. Alat pengumpul data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Perubahan Wujud Benda bagi siswa kelas II MI Muhammadiyah Bokol Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2013/2014. Hal ini terlihat dari: (1) Ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan dari pra siklus sebanyak 4 siswa dari 11 siswa atau sebesar 36,4%, menjadi sebanyak 8 siswa atau sebesar 72.7% dari 11 siswa pada siklus I, dan naik menjadi 11 siswa atau 100% dari 11 siswa pada siklus II. Hal ini berarti telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni 85% siswa tuntas belajar.(2) Nilai hasil belajar mengalami kenaikan dari rata-rata 56,4 pada studi awal, naik menjadi 75 pada siklus I dan menjadi 87,7 pada akhir siklus II.(3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II, hal itu ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% naik menjadi 87,7% pada siklus II Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, IPA, Perubahan Wujud Benda, Demonstrasi, Kelas II, MI Muhammadiyah Bokol.