NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA
Main Author: | Elis Safitri, 1123301130 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1618/1/ELTI%20SUCIANI_METODE%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DI%20SMK%20YANURIS%20TONJONG%20BREBES%20TAHUN%20PELAJARAN%202014-2015.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1618/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1618/ |
ctrlnum |
1618 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1618/</relation><title>NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA</title><creator>Elis Safitri, 1123301130</creator><subject>370.1 Phylosophy and Theory of Education</subject><description>Rusaknya moral bangsa ini semakin menurun ketika korupsi, asusila,
kejahatan, dan tindak kriminal pada semua sektor pembangunan semakin
merajalela. Kemungkinan besar masalah itu adalah masih kurang efektifnya
pendidikan akhlak atau pendidikan karakter. Novel yang sangat sarat dengan
nilai-nilai kehidupan dapat menjadi sarana efektif dalam pendidikan karakter.
Novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia merupakan salah satu novel yang
sarat nilai-nilai pendidikan di dalamnya.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai
Pendidikan Karakter apa saja yang terdapat dalam Novel Rumah Tanpa Jendela
dan bagaimana relevansinya dengan materi PAI kelas VII.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian pustaka yang
bersifat deskriptif analisis, yaitu dengan menggambarkan nilai-nilai pendidikan
karakter yang terdapat dalam Novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia.
Adapun metode pengambilan data yang penulis lakukan adalah metode
dokumentasi dan menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai metode
dalam menganalisa datanya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan mengenai
nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Novel Rumah Tanpa Jendela
yang diketahui, diamalkan, dan ditanamkan dalam diri peserta didik sejak dini,
yaitu 1) nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan (religius), yang meliputi
beriman kepada Allah SWT., bertaqwa kepada Allah SWT., berdzikir kepada
Allah SWT., berdo’a kepada Allah SWT., bertawakal kepada Allah SWT.,
husnudzan kepada Allah SWT., bersyukur kepada Allah SWT.. 2) nilai karakter
hubungannya dengan diri sendiri, yang meliputi kejujuran, bertanggung jawab,
bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, berpikir
logis, kreatif, dan inovatif, mandiri, ingin tahu, dan cinta ilmu. 3) Nilai karakter
hubungannya dengan sesama, yang meliputi sadar akan hak dan kewajiban diri
dan orang lain, patun pada aturan-aturan sosial, menghargai karya dan prestasi
orang lain, santun, dan demokratis. 4) Nilai karakter hubungannya dengan
lingkungan, dan 5) Nilai kebangsaan, yang meliputi nasionalis dan menghargai
keberagaman. Serta terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam
Novel Rumah Tanpa Jendela dengan materi PAI kelas VII, hal ini dapat
mengembangkan kreativitas guru dalam mengajar sehingga proses pembelajaran
lebih inovatif dan menyenangkan.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1618/1/ELTI%20SUCIANI_METODE%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DI%20SMK%20YANURIS%20TONJONG%20BREBES%20TAHUN%20PELAJARAN%202014-2015.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1618/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Elis Safitri, 1123301130 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>1618</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Elis Safitri, 1123301130 |
title |
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA |
publishDate |
2015 |
isbn |
9782020142014 9781123301137 |
topic |
370.1 Phylosophy and Theory of Education |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1618/1/ELTI%20SUCIANI_METODE%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DI%20SMK%20YANURIS%20TONJONG%20BREBES%20TAHUN%20PELAJARAN%202014-2015.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1618/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1618/ |
contents |
Rusaknya moral bangsa ini semakin menurun ketika korupsi, asusila,
kejahatan, dan tindak kriminal pada semua sektor pembangunan semakin
merajalela. Kemungkinan besar masalah itu adalah masih kurang efektifnya
pendidikan akhlak atau pendidikan karakter. Novel yang sangat sarat dengan
nilai-nilai kehidupan dapat menjadi sarana efektif dalam pendidikan karakter.
Novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia merupakan salah satu novel yang
sarat nilai-nilai pendidikan di dalamnya.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai
Pendidikan Karakter apa saja yang terdapat dalam Novel Rumah Tanpa Jendela
dan bagaimana relevansinya dengan materi PAI kelas VII.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian pustaka yang
bersifat deskriptif analisis, yaitu dengan menggambarkan nilai-nilai pendidikan
karakter yang terdapat dalam Novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia.
Adapun metode pengambilan data yang penulis lakukan adalah metode
dokumentasi dan menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai metode
dalam menganalisa datanya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan mengenai
nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Novel Rumah Tanpa Jendela
yang diketahui, diamalkan, dan ditanamkan dalam diri peserta didik sejak dini,
yaitu 1) nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan (religius), yang meliputi
beriman kepada Allah SWT., bertaqwa kepada Allah SWT., berdzikir kepada
Allah SWT., berdo’a kepada Allah SWT., bertawakal kepada Allah SWT.,
husnudzan kepada Allah SWT., bersyukur kepada Allah SWT.. 2) nilai karakter
hubungannya dengan diri sendiri, yang meliputi kejujuran, bertanggung jawab,
bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, berpikir
logis, kreatif, dan inovatif, mandiri, ingin tahu, dan cinta ilmu. 3) Nilai karakter
hubungannya dengan sesama, yang meliputi sadar akan hak dan kewajiban diri
dan orang lain, patun pada aturan-aturan sosial, menghargai karya dan prestasi
orang lain, santun, dan demokratis. 4) Nilai karakter hubungannya dengan
lingkungan, dan 5) Nilai kebangsaan, yang meliputi nasionalis dan menghargai
keberagaman. Serta terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam
Novel Rumah Tanpa Jendela dengan materi PAI kelas VII, hal ini dapat
mengembangkan kreativitas guru dalam mengajar sehingga proses pembelajaran
lebih inovatif dan menyenangkan. |
id |
IOS3655.1618 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2017-04-17T01:41:15Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:48:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141785918373888 |
score |
17.538404 |