PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SEMESTER II MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN MENGENAL KEKHASAN BANGSA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI MI MA’ARIF NU 1 GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: SRI MUGI RAHAYU, 1123306152
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1617/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1617/2/Sri%20Mugi%20Rahayu_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1617/
Daftar Isi:
  • Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di tingkat sekolah dasar atau madrasah. Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sangatlah penting karena merupakan salah satu upaya menanamkan sikap kebangsaan dalam diri siswa. Saat ini keberadaan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kurang diminati oleh peserta didik terutama pada kelas III di MI Ma’arif NU I Gumelar. Seharusnya semua peserta didik kelas III sudah mampu menguasai dan memahami pokok bahasan mengenal kekhasan bangsa Indonesia dengan baik, namun kenyataannya masih ada sebagian peserta didik yang belum menguasai materi tersebut dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pokok bahasan mengenal kekhasan bangsa Indonesia di MI Ma’arif NU I Gumelar. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian , dapat disimpulkan bahwa : (1) Pembelajaran PKn pokok bahasan mengenal kekhasan bangsa indonesia yang dilaksanakan dengan menggunakan media gambar di kelas III MI Ma’arif NU I Gumelar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan (2) Peningkatan pembelajaran dapat terlihat dari hasil ulangan/evaluasi pada tiap siklusnya. Adapun ketuntasan belajar dari 14 peserta didik di kelas III dapat dilihat sebagai berikut : studi awal peserta didik yang tuntas hanya 5 orang atau 35,71%, siklus I peserta didik yang tuntas 8 orang atau 57,14%, siklus II siswa yang tuntas 12 orang atau 85,71% . Data tersebut menunjukkan bahwa dari studi awal siswa yang tuntas hanya 5 orang dan meningkat pada siklus I menjadi 8 siswa dan pada siklus II menjadi 12 orang peserta didik. Peningkatan peserta didik yang tuntas belajar juga terjadi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Gambar.