Daftar Isi:
  • Metode merupakan salah satu komponen pembelajaran dalam serangkaian sistem pembelajaran dan memegang peranan dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengajarkan Al-Qur‟an pada anak-anak, karena membaca merupakan awal dari segala ilmu. Karena seperti kata pepatah “belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu sedangkan belajar di waktu besar bagai mengukir di atas air ” maka dari itu sangat penting memberikan pembelajaran pada anak usia dini, khususnya pembelajaran membaca Al-Qur‟an yang nantinya dengan belajar Al-Qur‟an akan banyak sekali memberikan manfaat sekaligus juga pahala. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode tartili dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di kelas B TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah penulis dapat mendeskripsikan penerapan metode tartili dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di kelas B TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto tahun pelajaran 2014/2015. Objek penelitian ini adalah penerapan metode tartili sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya metode tartili sangat membantu siswa dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an khususnya dalam materi huruf hijaiyah siswa dapat membaca huruf hijaiyah sesuai dengan makhorijul huruf. Dalam penerapan metode tartili guru lebih menonjolkan pada metode pembiasaan, metode latihan dan metode individual agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan dalam proses pembelajarannya siswa diselingi dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung agar pembelajara menjadi lebih menyenangkan, tidak membosankan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.