PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNARUNGU DI SDLB N KEBAKALAN MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | SITI MUSYAROFAH, 082331143 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1606/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1606/2/Siti%20Musyarofah_PENERAPAN%20METODE%20RESITASI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1606/ |
Daftar Isi:
- Metode pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pendidikan. Dimana metode resitasi berfungsi agar siswa melakukan kegiatan belajar dan melatih untuk mempertanggungjawabkannya, terlebih tehadap anak tunarungu yang memiliki kekurangan dalam pendengarannya. Untuk itu pemilihan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, demikian halnya penerapan metode resitasi dalam pembelajaran PAI, bagaimana penerapan metode resitasi dalam pembelajaran PAI di SDLB N bagian B (Tunarungu) Kebakalan Mandiraja? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran bidang studi PAI di SDLB N bagan B (Tunarungu) Kebakalan Mandiraja dengan menggunakan metode resitasi dan untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada bidang studi PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dan bersifat diskriptif kuaalitatif. Bahwa penelitian ini dilaksanakan di SDLB N Kebakalan Mandiraja. Pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Perolehan data dilakukan dengan menggali sumber data aitu guru Pendidikan Agama Islam secara langsung dengan pengamatan penulis dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan metode resitasi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi yang dilakukan guru PAI di SDLB dilakukan dengan tiga tahap, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.Yang pertama perencanaan yaitu dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan kisi-kisi materi yang akan diajarkan, dan menyiapkan sumber belajar. Yang kedua pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan awal pembelajaran yaitu guru melakukan apersepsi,kegiatan inti pembelajaran yaitu guru memberikan penjelasan dan penerapan metode resitasi, dan kegiatan akhir pembelajaran guru memberikan kesimpulan.Dan yang ketiga evaluasi yaitu memberikan tes guna mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah diajarkandan sebagai bahan pembenahan terhadap hasil yang telah diperoleh siswa. Kata Kunci: Metode Resitasi, Pendidikan Agama Islam, Anak Tunarungu