Daftar Isi:
  • Metodepembelajaran yang digunakanuntukmengimplementasikanrencana yang sudahdisusundalambentukkegiatannyatadanpraktisuntukmencapaitujuanpembelajara nnilai agama dan moral.Padadasarnyatidakadaperbedaan yang signifikandenganmetodedalampendidikan lain. Jikadiperhatikan, perbedaannyahanyaterletakpadanilai spiritual dan mental yang menyertainyapadasaatmetodetersebutdilaksanakanataudipraktikan. Beberapahal yang perludiperhatikandalammemilihpenggunaanmetodehendaknyamempertimbangkanbe berapafaktorsepertitujuan yang hendakdicapai, Kemampuanpendidik, Kemampuananakdidik, Situasidankondisipembelajarandimanaberlangsung, Fasilitas yang tersedia, Waktu yang tersedia, Kebaikandankekuranganmetode.. Persoalan yang akandijawabdalampenilitianiniadalahbagaimanapelaksanaanmetodepembelajarannila i agama dan moral di RA Al-Ma’arif II Kertayasatahunpelajaran 2012-2013? SubjekpenelitianadalahKepala RA yang sekaligusjugapendidikdanpendidik RA Al-Ma’arif II Kertayasadenganaktivitasmenggunakanbeberapametodepembelajarannilai agama dan moral.Data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dokumentasipadasubjekpenelitianketikapembelajarannilai agama dan moral berlangsung.selanjutnya, dianalisisdenganmereduksidanmengklasifikasi data. Setiapanalisisdinarasikansecaradeskriptifpadateoriteorimetodepembelajaranuntukanakusiadini. Metodepembelajarannilai agama dan moral di RA Al-Ma’arif II Kertayasa di dalampelaksanaannyamempertimbangkanbeberapahalsepertimateri, karakteristikpesertadidik, situasidankondisi.Metodepembelajarannilai agama dan moral di RA Ma’arif II Kertayasa yang digunakansepertimetodeceramah, tanyajawab, bermain, demonstrasi, pemberiantugasdanbernyanyi. Dengandemikianpelaksanaanmetodepembelajarannilai agama dan moral di RA Al- Ma’arif II Kertayasasudahtepat, tetapiadabeberapakesulitan yang dialamipendidikdalampenggunaanmetodepembelajarannilai agama dan moral.