METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MA’ARIF 2 KERTAYASA MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Main Author: | GINTING SETIONO, 082338021 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1594/1/GINTING%20SETIONO_METODE%20PEMBELAJARAN%20NILAI%20AGAMA%20DAN%20MORAL%20DI%20RAUDHATUL%20ATHFAL%20AL-MA%E2%80%99ARIF%202%20KERTAYASA%20MANDIRAJA%20BANJARNEGARA%20TAHUN%20PELAJARAN%202012-2013.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1594/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1594/ |
Daftar Isi:
- Metodepembelajaran yang digunakanuntukmengimplementasikanrencana yang sudahdisusundalambentukkegiatannyatadanpraktisuntukmencapaitujuanpembelajara nnilai agama dan moral.Padadasarnyatidakadaperbedaan yang signifikandenganmetodedalampendidikan lain. Jikadiperhatikan, perbedaannyahanyaterletakpadanilai spiritual dan mental yang menyertainyapadasaatmetodetersebutdilaksanakanataudipraktikan. Beberapahal yang perludiperhatikandalammemilihpenggunaanmetodehendaknyamempertimbangkanbe berapafaktorsepertitujuan yang hendakdicapai, Kemampuanpendidik, Kemampuananakdidik, Situasidankondisipembelajarandimanaberlangsung, Fasilitas yang tersedia, Waktu yang tersedia, Kebaikandankekuranganmetode.. Persoalan yang akandijawabdalampenilitianiniadalahbagaimanapelaksanaanmetodepembelajarannila i agama dan moral di RA Al-Ma’arif II Kertayasatahunpelajaran 2012-2013? SubjekpenelitianadalahKepala RA yang sekaligusjugapendidikdanpendidik RA Al-Ma’arif II Kertayasadenganaktivitasmenggunakanbeberapametodepembelajarannilai agama dan moral.Data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dokumentasipadasubjekpenelitianketikapembelajarannilai agama dan moral berlangsung.selanjutnya, dianalisisdenganmereduksidanmengklasifikasi data. Setiapanalisisdinarasikansecaradeskriptifpadateoriteorimetodepembelajaranuntukanakusiadini. Metodepembelajarannilai agama dan moral di RA Al-Ma’arif II Kertayasa di dalampelaksanaannyamempertimbangkanbeberapahalsepertimateri, karakteristikpesertadidik, situasidankondisi.Metodepembelajarannilai agama dan moral di RA Ma’arif II Kertayasa yang digunakansepertimetodeceramah, tanyajawab, bermain, demonstrasi, pemberiantugasdanbernyanyi. Dengandemikianpelaksanaanmetodepembelajarannilai agama dan moral di RA Al- Ma’arif II Kertayasasudahtepat, tetapiadabeberapakesulitan yang dialamipendidikdalampenggunaanmetodepembelajarannilai agama dan moral.