Daftar Isi:
  • Metodepembelajaranadalahsuatucaraataujalan yang ditempuh yang sesuaidanserasiuntukmenyajikansuatuhalsehinggaakantercapaisuatupembelajaran yang efektifdanefisiensesuaiapa yang diharapkan. SedangkanPendidikan Agama Islam adalahupayasadardanterencanadalammenyiapkanpesertadidikuntukmengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertaqwa, berakhlakmulia, mengamalkanajaran agama Islam darisumberutamanyaKitabSuci Al-Quran dan Al-Hadist, melaluikegiatanbimbingan, pengajaran, latihansertapenggunaanpengalaman. MetodepembelajaranPendidikan Agama Islam di SD mempunyaipengaruhterhadapkeberhasilansiswadalam proses pembelajaran. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmetodepembelajaran yang digunakandalampembelajaranPendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 KoberKecamatanPurwokerto Barat, KabupatenBanyumas. Metodepengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Dalammenganalisis data penulismenggunakanmetode non statistikatauanalisiskualitatif.Metodeinidigunakanuntukmelihatgambarantentangpenerap anmetodepembelajaran agama Islam di SD Negeri 1 Kober. MetodePendidikan Agama Islam yang digunakan di SD Negeri 1 Koberantara lain metode drill, metodeceramah, metodetanyajawab, metodediskusi, metodekerjakelompok, danmetodepemberiantugas. Disampingitu, dalam proses pembelajarannya, guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Koberjugamengkombinasikandenganmetode lain. Maksudnya, ketikamenyampaikanmateripembelajarandalamsatupertemuantidakhanyamenggunakans atumetodesaja, tetapimenggabungkanantarametode yang satudengan yang lain. Sehingga, dalam proses pembelajaranmetode yang digunakanbervariatif.