METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 KOBER KEC.PURWOKERTO BARAT KAB.BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Main Author: | SITI MARIJAH, 102334014 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1591/1/SITI%20MARIJAH_METODE%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DI%20SDN%201%20KOBER%20KEC.PURWOKERTO%20BARAT%20KAB.BMS%20TAHUN%20PELAJARAN%202012-2013.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1591/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1591/ |
Daftar Isi:
- Metodepembelajaranadalahsuatucaraataujalan yang ditempuh yang sesuaidanserasiuntukmenyajikansuatuhalsehinggaakantercapaisuatupembelajaran yang efektifdanefisiensesuaiapa yang diharapkan. SedangkanPendidikan Agama Islam adalahupayasadardanterencanadalammenyiapkanpesertadidikuntukmengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertaqwa, berakhlakmulia, mengamalkanajaran agama Islam darisumberutamanyaKitabSuci Al-Quran dan Al-Hadist, melaluikegiatanbimbingan, pengajaran, latihansertapenggunaanpengalaman. MetodepembelajaranPendidikan Agama Islam di SD mempunyaipengaruhterhadapkeberhasilansiswadalam proses pembelajaran. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmetodepembelajaran yang digunakandalampembelajaranPendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 KoberKecamatanPurwokerto Barat, KabupatenBanyumas. Metodepengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Dalammenganalisis data penulismenggunakanmetode non statistikatauanalisiskualitatif.Metodeinidigunakanuntukmelihatgambarantentangpenerap anmetodepembelajaran agama Islam di SD Negeri 1 Kober. MetodePendidikan Agama Islam yang digunakan di SD Negeri 1 Koberantara lain metode drill, metodeceramah, metodetanyajawab, metodediskusi, metodekerjakelompok, danmetodepemberiantugas. Disampingitu, dalam proses pembelajarannya, guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Koberjugamengkombinasikandenganmetode lain. Maksudnya, ketikamenyampaikanmateripembelajarandalamsatupertemuantidakhanyamenggunakans atumetodesaja, tetapimenggabungkanantarametode yang satudengan yang lain. Sehingga, dalam proses pembelajaranmetode yang digunakanbervariatif.