PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI ZAKAT MAL DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 10 BELIK PEMALANG
Daftar Isi:
- Selama ini pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di sekolah masih banyak kelemahan. Kegagalan ini disebabkan karena praktik pendidikannya memperhatikan aspek kognitif semata dari pertumbuhan kesadaran nilai-nilai (agama). Secara subtansial mata pelajaran fiqh/ibadah di SMP memiliki kontribusi dalam memberikan pengalaman kepada siswa untuk mempelajari dan mempraktikkan ibadahnya dalam bentuk pembiasaan, pada penerapan pembelajaran PAI materi zakat mal siswa secara tidak langsung diajak mempelajari dan mempraktikkan cara-cara berzakat dalam bentuk permasalahanpermasalahan yang ada dilingkungan sekitar, dan berfikir untuk memecahkan masalahmasalah yang terjadi pada kehidupan nyata. Dalam Problem Based Learning, fokus pembelajaran ada pada masalah yang dipilih, sehingga siswa tidak saja mempelajari konsepkonsep yang berhubungan dengan masalah tetapi juga metode ilmiah untuk pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Belik, dengan desain tindakan kelas (Classroom Action Research). Yaitu penelitian yang melalui tahapantahapan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian tindakan ini dibagi menjadi III siklus dengan satu kali pertemuan pada masing-masing siklus dan satu kali pertemuan untuk pre test. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) observasi, (2) interview, dan (3) dokumentasi. Prosedur analisis data yakni, data yang diperoleh melalui tindakan dianalisis, data yang bersifat kualitatif seperti observasi, interview, dan dokumentasi (data guru, latar belakang sekolah) menggunakan analisis domain. Sedangkan data yang didapatkan melalui dokumentasi yang berupa angka atau data kuantitatif (pre test, siklus I, II dan III) menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran PAI materi zakat mal di kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Belik. Peningkatan dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam 6 langkah-langkah Problem Based Learning . Selain itu dari data kuantitatif yakni dengan meningkatnya nilai ujian dari pre test ke siklus I, II dan III.