MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN MAHASISWA (PESMA) AN-NAJAH KUTASARI PURWOKERTO
Main Author: | Siti Roihatun Miskiyah, 092333060 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1589/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1589/2/SITI%20ROIHATUN%20MISKIYAH_MANAJEMEN%20KURIKULUM%20PESANTREN%20AN-NAJAH.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1589/ |
Daftar Isi:
- Pesantrenadalahlembagapendidikan non formal yang mempunyaitujuansesuaidenganfigurataukepribadianpengasuh, bukanberartitidakadaarahtujuan yang jelasdanrencana yang matang.Akan tetapiberdasarkanpengalamanPesantrenyang menyelenggarakanpendidikan yang adasebelumadanyapendidikan formal terbentuk, PesantrentelahdapatmengelolapelaksanakanpendidikanmelaluikurikulumPesantrenyang khassebagailembagapendidikan non formal. Hal inilah yang mendukungpesantrendalammemperolehkepercayaaanmasyarakatindonesiauntukmendidikanak-anaknya. Salah satuPesantrenyang sangateksis di wilayahPurwokertoadalahPesantrenMahasiswa An-NajahKutasariPurwokertoyang menfokuskanpendidikanpadabidangkepenulisan.MeskidemikianPesantreninitetapmemberikanbidangilmulainnyadariberbagaicabangilmuIslam.Santri di Pesantreniniadalahmahasiswabaikdari STAIN, UNSOED, danAmikom. TujuanpenelitianiniadalahmengetahuimanajemenkurikulumPesma An-NajahKutasariPurwokerto.Penelitianinimerupakanpenelitian yang berjenispenelitianlapangan (field research).Dan metode yang digunakanpadapenelitianiniyaitumetodedeskriptifkualitatifanalisis non statis.Untukmemperoleh data tentangmanajemenkegiatan-kegiatan yang dilaksanakanyaituperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, danpengawasankurikulum.Adapun proses pengumpulan data dilakukandenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Subjekdaripenelitianiniyaitupengasuh, pengurus, dansantriPesma An-NajahKutasari. Dari analisis yang penulislakukandapatdiambilkesimpulanbahwa: 1.PerencanaankurikulumPesma An-Najahtelahdilaksanakandenganbaikkarenasudahmemenuhiunsur-unsurdalamperencanaan. 2.PengorganisasiankurikulumPesma An-Najahtelahdilaksanakandenganbaikkarenatelahditentukanjadwalkegiatandanpenanggungjawabdalamsetiapmatapelajaran. 3.PelaksanaankurikulumPesma An-Najahtelahdilaksanakandenganbaikkarenasudahsesuaidenganperencanaandandilaksanakandenganmetodedan media pembelajaransesuaikebutuhansantri. xiii 4.PengawasankurikulumPesma An-Najahdilaksanakankurangbaikkarenaevaluasidilaksanakansatu kali dalamdua semester dantidakdiujikantiapmatapelajarannya. Kata kunci :ManajemenKurikulum, Pesantren.