PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU PENARUBAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: ISTINGANATUL MAULIDAH, 102335112
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1572/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1572/2/Istinganatul%20M_PENGGUNAAN%20MEDIA%20BENDA%20KONKRET%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20IPA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1572/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa banyak sekolahan tingkat Sekolah Dasar yang kurang berhasil dalam mengajarkan pembelajaran IPA kepada peserta didik, tetapi di MI Ma’arif NU Penaruban berbeda. MI Ma’arif NU Penaruban tidak mengalami kendala yang berarti dalam mengajarkan mata pelajaran IPA dan antusiasme peserta didik sangat baik dengan digunakannya media benda konkret dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif NU Penaruban tahun pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah penelitian ini adalah “ Bagaimana Penggunaan Media Benda Konkret dalam Pembelajaran IPA Kelas V di MI Ma’arif NU Penaruban Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media benda konkret dalam Pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU Penaruban yang meliputi rencana pembelajaran (persiapan mengajar, proses pembelajaran serta evaluasi pembelajarannya). Jenis penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penulis turun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait dengan penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran IPA. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran IPA di kelas V MI Ma’arif NU Penaruban. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, deskripsi data, display data dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan media benda konkret dalam pembelajaran IPA sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat kegiatan pembelajaran berjalan dengan maksimal, siswa terlihat lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran IPA. Nilai yang diperoleh siswa melebihi KKM yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Media Pembelajaran