Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan rendahnya hasil belajar matematika terutama pada sub pokok penjumlahan bilangan pecahan di kelas IV MI Ma’arif NU Batuanten. Padahal matematika banyak dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Selain itu matematika juga menjadi salah satu mata pelajaran yang termasuk ke dalam mata pelajaran Ujian Sekolah. Oleh karena itu penelitian ini perlu dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada sub pokok penjumlahan bilangan pecahan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika sub pokok penjumlahan bilangan pecahan melalui media manipulatif di kelas IV?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IV sub pokok penjumlahan bilangan pecahan setelah menggunakan media manipulatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)yang bersifat kolaboratifsebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, Pengamatan (Observasi) dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif NU Batuanten Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi mengalami peningkatan dari kondisi awal sampai siklus II dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh yaitu, kondisi awal (47,78), siklus I (68,33) , siklus II (79,72). Sedangkan prosentase ketuntasan yang diperoleh yaitu, kondisi awal (11,11%), siklus I (44,44%) dan siklus II (83,33%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Ma’arif NU Batuanten Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014 serta media manipulatif dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pada pembelajaran matematika khususnya pada materi penjumlahan bilangan pecahan.