MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VI MI MA’ARIF NU KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Siti Nurhayatun, 102335050
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1558/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1558/2/SITI%20NURHAYATUN_Manajemen%20Kelas%20Pada%20Pembelajaran%20IPA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1558/
Daftar Isi:
  • Manajemen kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa agar siswa dapat belajar dengan baik. Untuk mencegah timbulnya tingkah laku-tingkah laku siswa yang dapat mengganggu jalannya kegiatan belajar mengajar, guru berusaha mengelola kelas dengan mendayagunakan potensi kelas, memfokuskan perhatian kepada siswa, memahami mereka secara individu dan memberi bimbingan-bimbingan tertentu. Upaya-upaya yang dilakukan ini merupakan usaha dalam menciptakan kondisi belajar yang kondusif, optimal dan menyenangkan. Begitu halnya dalam pembelajaran IPA. Agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien, maka guru perlu mengelola kelas dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat ditunjukkan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen/pengelolaan kelas pada pembelajaran IPA. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan subyek penelitiannya adalah guru kelas VI dan siswa kelas VI MI Ma’arif NU Kedungwringin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan manajemen kelas, guru kelas VI Ma’arif NU Kedungwringin melaksanakan tugasnya sebagai seorang leaderdan manajer. Sebagai seorang leader, guru berupaya memberikan motivasi belajar kepada siswa agar siswa tetap semangat dalam belajar. Sedangkan sebagai seorang manajer, guru bertugas untuk mengelola ruang kelas baik dari segi penataan dan pemanfaatan fasilitas pembelajaran, penataan tempat duduk siswa maupun pengaturan cahaya yang masuk ke dalam kelas, mengelola potensi siswa dan mengelola kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci : Manajemen kelas, pembelajaran IPA