PENERAPAN METODE DONGENG DALAM PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN AKHLAK DAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TUNAS ISLAM PURWOKERTO
Daftar Isi:
- Metode merupakan salah satu pendukung dalam kesuksesan proses belajar mengajar yang diartikan sebagai jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Metode dongeng dapat dijadikan sebagai media pembentuk kepribadian dan moralitas anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode dongeng dalam pembelajaran bidang pengembangan akhlak dan nilai-nilai agama Islam. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research). Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode dongeng dalam pembelajaran bidang pengembangan akhlak dan nilai-nilai agama Islam di PAUD Tunas Islam Purwokerto. Sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, dan tata usaha di PAUD Tunas Islam Purwokerto. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data model penelitian Miles and Hubermant yaitu berupa data reduction, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa metode dongeng dalam pembelajaran bidang pengembangan akhlak dan nilai-nilai agama dilakukan melalui berbagai tahap yaitu 1) perencanaan dalam penerapan metode dongeng. 2) penerapan metode dongeng di PAUD Tunas Islam Purwokerto. Metode yang digunakan dalam pengembangan akhlak dan nilai-nilai agama islam yaitu dengan metode penggunaan media dalam mendongeng, dan metode penyimakan dan respon siswa. Metode dongeng sangat cocok dan efektif bila diterapkan kepada anak usia dini terutama dalam pembelajaran bidang pengembangan akhlak dan nilai-nilai agama Islam