PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTs MA’ARIF NU 1 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: SIHABUDDIN, NIM. 1223302044
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1545/1/SIHABUDDIN_PELAKSANAAN%20PENILAIAN%20AUTENTIK%20%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20ARAB%20%20DI%20KELAS%20VIII%20MTs%20MA%E2%80%99A.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1545/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1545/
Daftar Isi:
  • Perubahan kurikulum yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan niatan untuk perbaikan sistem pendidikan salah satunya perbaikan pada standar penilaian. Hadirnya kurikulum 2013 sekarang ini diharapkan dapat menyempurnakan kurikulum sebelumnya yaitu KTSP. Dimana dalam KTSP standar penilaian hanya terfokus pada penilaian pengetahuan saja. Sehingga disempurnakan dalam kurikulum 2013 penilaian dilakukan secara menyeluruh atau komphrehensif pada ke tiga ranah yaitu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan dilapangan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Cilongok. Subjek penelitian ini adalah Guru bahasa Arab dan Peserta didik kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Cilongok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), model atau penyajian data (data dispay), dan kesimpulan (conclution). Hasil penelitian pelaksanaan penilaian Autentik dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Cilongok : (1) Teknik dan Instrumen Penilaian Autentik Mata Pelajaran bahasa Arab yaitu (a) aspek sikap, menggunakan teknik observasi dan jurnal atau catatan guru. (b) aspek pengetahuan, menggunakan teknik tes tertulis dan tes lisan (c) aspek keterampilan, menggunakan teknik tes praktek.