Daftar Isi:
  • Menghafal Al-Qur’an merupakan tugas yang sangat berat dan memerlukan waktu khusus, keseriusan dan kesungguhan mengerahkan seluruh kemampuan, karena menghafal Al-Qur’an merupakan tugas yang sangat agung dan mulia. Metode menghafal Al-Qur’an merupakan hal penting dalam mencapai target hafalan. Skripsi ini memfokuskan pada kajian penerapan metode kitabah untuk menghafal Al-Qur’an. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, display dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi metode kitabah dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut: Langkah-langkah yang digunakan dalam penerapan metode kitabah adalah dengan cara menulis terlebih dahulu ayat-ayat yang akan dihafalkan, baru kemudian siswa menghafalkannya ayat demi ayat dengan bimbingan guru, kemudian ditindaklanjuti dengan beberapa langkah yaitu tes lisan maupun tulisan, takrir, resitasi dan mudarrasah. Dengan adanya penerapan metode wahdah dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di MI Ma’arif NU 1 Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas dengan kategori baik, terbukti lulusannya sudah hafal juz 30 dalam Al- Qur’an, Surat Yasiin dan Al-Waqi’ah. Selain itu dalam ulangan semester maupun Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) terbukti banyak siswa MI Ma’arif NU 1 Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas yang mendapat nilai 100 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.