Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MI Ma’arif Gancang Kecamatan Gumelar, dan mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MI Ma’arif Gancang Kecamatan Gumelar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah hasil wawancara dan hasilpengamatan (observasi) terhadap guru dan data sekunder adalah hasil wawancara terhadap kepala sekolah, guru, dan siswa, serta dokumentasidokumentasi yang berkaitan dengan penggunaan strategi pembelajaran mata pelajaran Fiqih. Subyek penelitian adalah guru sedangkan obyeknya adalah penggunaan stratetgi pembelajaran Mata pelajaran Fiqih. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran sudah mengacu pada ketepatan strategi dengan menyesuaikan materi yang diajarkan serta karakteristik siswa. Dalam melaksanakan pembelajaran mata pelajaran fiqih strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran aktif yang meliputi ekspositori, crossword puzzle, index card match, Card sort, team quis, dan kontekstual komponen pemodelan.Pelaksanaan strategi pembelajaran sudah tidak terpusat pada guru karena siswa diberikan kesempatan terlibat dalam kegiatan pembelajaran, siswa diberikan kesempatan untuk menemukan jawaban sendiri dari soal yang diberikan guru, dan adanya unsur kompetisi. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqih