PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching And Learning) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NURUL HUDA GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | Ahmad Ngatoullah, 102338138 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1514/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1514/2/AHMAD%20NGATOULLOH_Penerapan%20Pembelajaran%20Kontekstual%20%28CTL%29.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1514/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari.Proses pembelajarandalamduniaContextual Teaching And Learning terkenaldengankeaktifan guru dansiswa, keduanyamemilikiperandalam proses pembelajaran, karena pembelajarandalam CTLmenekankankepada proses keterlibatansiswauntukdapatmenemukanmateri yang dipelajaridanmenghubungkannyadengansituasikehidupannyata, sehinggamendorongsiswauntukdapatmenerapkannyadalamkehidupanmereka, dan di sinisiswadilibatkansecarapenuhdalam proses pembelajaran. Persoalan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning) pada pembelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Nurul Huda Gangrungmangu Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan agama islam telah memenuhi komponen-komponen yang ada pada pembelajaran kontekstual (CTL). Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning), mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, SMP Nurul Huda Gandrungmangu