STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 SOMAGEDE KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | NUR ABIDAH, NIM. 102334029 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1512/1/NUR%20ABIDAH_STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DI%20SD%20NEGERI%201%20SOMAGEDE%20KECAMATAN%20SOMAGEDE%20KABUPATEN%20BANYUMAS%20TAHUN%20PELAJARAN%202014-2015.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1512/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1512/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penerapan strategi pembelajaran agar materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dicapai secara maksimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa penerapan strategi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Somagede Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan proses belajar mengajar dalam penerapan strategi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan kepala Sekolah di SD Negeri 1 Somagede Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan: 1. Guru memberikan materi pelajaran secara bertahap sesuai dengan topik pembahasan yang sudah dipilih dan disiapkan sebelumnya, 2. Guru menggunakan strategi yang menarik perhatian dan membuat siswa senang dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 3. Faktorfaktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan strategi pembelajaran sudah mencakup aspek koqnitif, afektif dan psikomotorik, tersedia buku-buku sumber untuk mempelajari materi Pendidikan Agama Islam, strategi yang digunakan sesuai dengan tingkat kematangan siswa, minat, bakat dan kondisi siswa.