PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI MUHAMMADIYAH 01 SLINGA, KALIGONDANG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Main Author: NUR AMALINA, 1123301193
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1510/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1510/2/Nur%20Amalina_PENGARUH%20MOTIVASI%20DAN%20GAYA%20BELAJAR%20SISWA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1510/
Daftar Isi:
  • Mutu hasil belajar sebagai produk dari proses belajar dapat dipengaruhi oleh adanya motivasi. Motivasi peranannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang dan semangat untuk belajar. Selain itu, adanya perbedaan kognitif, afektif, maupun psikomotor di antara para siswa mempengaruhi pilihan belajar mereka yang muncul dalam bentuk gaya belajar. Proses penyerapan informasi yang berbeda tersebut nantinya akan tampak manakala mereka belajar dengan cara mereka masing-masing yang dianggap nyaman menurut mereka. Perbedaan-perbedaan tersebut nantinya akan berdampak juga bagi peningkatan hasil belajar sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh dari motivasi dan gaya belajar (gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik) baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Muhammadiyah 01 Slinga, Kaligondang Purbalingga Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III s/d VI yang diambil sampel secara acak sebanyak 55 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dilapangan. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel motivasi, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi sekolah. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi dan gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik) secara sendiri-sendiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SKI di MI Muhammadiyah 01 Slinga, dengan kontribusi motivasi terhadap hasil belajar SKI sebesar 15,37% (Fhitung = 9,68), gaya belajar visual sebesar 13,76% (Fhitung = 8,50), gaya belajar auditorial sebesar 10,30% (Fhitung = 6,26), gaya belajar kinestetik sebesar 9,79% (Fhitung = 5,81). Terdapat juga pengaruh yang positif dan signifikan dengan kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut secara bersama-sama yaitu sebesar 30,25% (Fhitung = 5,42) terhadap hasil belajar SKI. Kata kunci : Motivasi, Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) dan Hasil Belajar SKI.